Sabtu, 05 Mei 2012

Faktor Kali : Jangan dianggap Angin lalu..

Setiap orang pasti paham dengan namanya ilmu perkalian dalam Matematika.
Kalau nominal angka yang digunakan perkalian itu lebih besar maka hasil yang di dapat juga lebih besar pula..misal 1x2 dengan 1x5 maka jelas hasilnya lebih besar 1x5.
Nah.. dalam hal pemilihan jenis usaha apa yang akan kita jadikan ujung tombak direct selling, maka terlebih dahulu kita bisa belajar pada teori mendasar Perkalian di atas. Faktor kali pertama kali digagas oleh Yodhia Antariksa (Expert Strategi + Manajemen BIsnis).

Mari kita ingat kata kuncinya : Semakin besar nominal atau angka yang dikalikan maka akan semakin besar pula hasil perkaliannya. So, Bagaimana perkalian bisa kita jadikan dasar pemilihan jenis produk usaha kita ?

mungkin ilmu perkalian ketika kita pelajari pada waktu masih sekolah di SD/SMP/SMA itu kita anggap satu materi pelajaran yang sulit dan cukup memusingkan... bahkan kita abaikan atau kita anggap sebagai angin lalu saja. Tapi siapa sangka faktor perkalian ini bisa merubah cara pandang kita dalam memilih jenis usaha yang akan kita jalankan.

Oke, kongkretnya begini... 

kalau dalam teori usaha semakin besar jumlah permintaan akan suatu produk atau barang usaha maka akan semakin besar omzet usaha yang kita dapatkan.. nah, akan semakin jelas ketika kita pakai teori faktor kali di atas.

Misal kita mendapat pesanan untuk produk usaha kita dari beberapa orang, ternyata jumlah pesanan antara satu orang pemesan dengan yang lain ada yang berbeda. 
Jika ada 3 pemesan 2 di antaranya cuma 1 barang yang dipesan dan cuma 1 orang yang memesan 5 buah barang, maka hanya ada 1 orang yang mempunyai faktor kali dalam pemesanan yaitu 5 buah x harga satuan

Akan jauh berbeda ketika kita mendapat pesanan dari 1 orang akan tetapi dia memesan barang usaha yang kita tawarkan dengan jumlah cukup fantastik, misal 1000 buah barang Maka berlaku faktor kali 1000 buah x harga satuan..

Coba bandingkan antara jumlah pemesan yang 3 orang dengan yang 1 orang ? Secara logika harusnya omzet yang kita hasilkan besar yang pemesan 3 orang.. tapi ternyata ada faktor kali yang menyebabkan 1 orang pemesan dapat melejit jauh lebih besar nominal omzetnya dibanding yang 3 pemesan.  
Hitung saja kalau harga satuan produk barang usaha kita Rp.5000,-, sudah kelihatan tho mana yang jauh lebih besar jumlah omzetnya ?

Maka kita dapat menyimpulkan bahwa jenis usaha yang harusnya kita bidk untuk dijadikan ujung tombak usaha kita adalah yang menghasilkan faktor kali besar dalam sekali pesanan.

Dalam realitas bisnis di daerah perkotaan, maka kita akan mendapati bahwa jenis usaha yang banyak diminati oleh para pelaku usaha itu di antaranya adalah Bisnis Kuliner dan Bisnis Telekomunikasi. 
 Mengapa kok dua jenis bisnis ini yang banyak diminati dibanding jenis bisnis yang lain ?

Jawabannya dapat ditebak dengan mudah jika kita sudah memahami teori Faktor kali di atas..

Yups, Anda Benar ! .. Karena Bisnis Kuliner dan Telekomunikasi sangat dibutuhkan orang banyak.. jika banyak orang yang mengakses produk tersebut maka nominal pemesanan akan bertambah besar sehingga akan berlaku faktor kali yang akhirnya akan melipatgandakan omzet kit. Kuliner walaupun misalnya warteg atau warmeg (Warung Megono) tetapi setiap hari diakses sekitar 100 orang maka akan ketahuan jumlah omzet perhari jika masing-masing orang membayar Rp.10.000. 

Sama halnya dengan Telekomunikasi, misal Counter HP, jika ada setiap harinya orang yang beli pulsa ada minimal 100 orang dengan rata-rata untung per isi ulang itu 1500 maka tinggal kita kalikan saja 100 orang dengan 1500..
itu baru produk penjualan pulsa, belum penjualan HP dengan berbagai macam merknya, sehari saja ada minimal 10 orang yang beli Hp baru/second mungkin tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapai omzet puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah karena adanya faktor kali..

Berdasar penjelasan di atas maka dapat kita katakan bahwa Faktor Kali itu menjadi kunci Utama dalam penentuan jenis usaha yang akan kita rintis.. 

Jangan dianggap angin lalu karena walaupun kita dulu mungkin tidak suka dengan perkalian angka dalam pelajaran matematika, tetapi ternyata faktor kali ini bisa menjadi tolak ukur keberhasilan wirausaha atau bisnis kita nantinya... 

Semoga secuil Explanation di atas bisa menjadi Inspiring bagi Anda yang ingin Building Entreprenuership... Aamiiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar