Bisnis Online


 2 RAHASIA BESAR DIBALIK SUSKES BISNIS ONLINE

  • Written by Yodhia Antariksa
  • Posted May 30, 2011 at 12:00 am
Dengan jumlah pengguna internet yang kian meningkat pesat (sekitar 40 juta pada tahun 2012), maka online business merupakan salah satu sektor yang potensial untuk mekar dengan semerbak. Disitu terbentang sebuah peluang untuk mereguk sejumput rezeki yang berkelimpahan. Disitu ada setangkup harapan untuk menikmati profit yang terus mengalir tanpa henti.
Dan tentu saja ini : online business yang sukses bisa dijalankan hanya dari rumah. Sambil duduk leyeh-leyeh menikmati wedang jahe di serambi belakang rumah, kita bisa meraup omzet yang lumayan mak nyus. Tidakkah ini sebuah pemandangan yang indah, dibanding harus setiap pagi berangkat ke kantor, pulang petang atau malam, setelah grudak gruduk dihimpit kemacetan dan polusi yang kian tak tertahankan?
Ah, kalau saja begitu mudahnya menjalankan online business. Jangan khawatir sobat. Sebentar lagi akan dihidangkan dua rahasia besar dibalik keberhasilan menjalankan online business. Sebelum melanjutkan hidangan, monggo, silakan di-seruput dulu wedang jahe-nya.
Rahasia pertama untuk menjalankan bisnis online yang sukses mungkin bisa diringkas dalam tiga kata : trafik, trafik dan trafik. Banyak orang yang bersemangat membangun web store yang keren, lengkap dengan display produk yang jos markojos. Namun mereka lupa, tanpa trafik pengunjung yang memadai, web store itu ibarat rumah megah di tengah kuburan. Sunyi dan senyap.
Dan kabar buruknya adalah ini : membangun trafik pengunjung yang tinggi, alamak, susahnya minta ampun. Blog keren yang tengah Anda baca ini contohnya. Setelah empat tahun berjibaku, tiap minggu tanpa henti update tulisan bagus, toh jumlah pengunjung blog ini hanya 30 ribu/bulan (oke sudah lumayan tinggi; sebab banyak web store yang pengunjungnya cuma 2000-an/bulan. Namun target saya sebenarnya 300 ribu visitor/bulan. Sebab kalau target ini tercapai, saya bisa segera menjadi jutawan. I am not joking).
Ada dua cara untuk mendongrak trafik pengunjung. Cara pertama adalah cara alamiah. Maksudnya mencoba menarik pengunjung dengan konten informasi yang melimpah. Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing.
Mudah-mudahan dengan begitu akan ada banyak yang nge-link ke web kita, dan Google akan makin baik hati dengan isi/konten web kita yang melimpah. Selanjutnya, ribuan pengunjung akan dengan mudah menclok ke web store kita. Namun, cara alamiah ini sungguh butuh nafas yang panjang. Endurance. Dan kesabaran. Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.
Cara kedua untuk mendongkrak pengunjung tentu saja melalui iklan. Sebenarnya memasang iklan di Google atau Facebook cukup murah juga. Hanya Rp 200 per klik. Artinya setiap ada yang nge-klik iklan kita, maka kita kena biaya Rp 200 saja. Artinya kalau kalau kita pengin ada 100 klik/pengunjung per hari maka biayanya : 100 klik x Rp 200 = Rp 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan.
Pengalaman saya, memasang iklan di Google dan FB ini cukup efektif dalam mendatangkan calon pembeli (menurut saya, Google Adword lebih efektif dibanding iklan di FB). Dikombinasikan dengan konten yang teratur, maka trafik web store kita bisa pelan-pelan merayap naik.
Rahasi kedua untuk mendatangkan bisnis online yang sukses adalah ini : high conversion rate. Maksudnya berapa persen jumlah visitor yang menjelma menjadi pembeli. Dari sejumlah data e-commerce, rata-rata conversion rate bisnis online adalah antara 1% hingga 10%. Makin tinggi tentu makin bagus.
Dari data dan pengalaman yang ada, produk fashion (seperti busana, kaos, rok, baju) atau produk buku, obat-obatan herbal, cenderung memiliki conversion rate yang relatif lebih tinggi. Kategori produk yang pas, yang dikombinasikan dengan mutu produk yang bagus akan bisa membuat conversion rate yang tinggi.
Contohnya adalah web store bisniskaos.com yang menjual kaos dengan beragam desain aktual. Kategori jualan yang pas yakni produk kaos, digabung dengan aneka pilihan desain yang cukup menarik membuat web store ini memiliki conversion rate yang relatif tinggi, yakni antara 8 - 9%.
Demikianlah, dua faktor kunci yang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Yang pertama, trafik pengunjung. Dan yang kedua : high conversion rate. Kalau saja kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, maka kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.
Dan tentu saja sambil ditemani secangkir wedang jahe yang rasanya mak nyus. Sambil duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.





Memahami Internet : Dunia Tanpa Batas

Oleh : Joko Susilo, ST

Alkisah diceritakan sebuah pesawat ruang angkasa yang ditumpangi beberapa astronot tengah menjalankan misinya menuju sebuah planet. Dengan kecepatan luar biasa, pesawat canggih itu terus melaju menembus ruang angkasa. Sampai akhirnya mendarat di sebuah planet yang belum pernah terjamah sebelumnya. Mendapati telah sampai di tujuan, maka para astronot sangat gembira. Kemudian mereka keluar dengan terburu-buru dari pesawat. Padahal... oh tidak, mereka sebelumnya tak melakukan persiapan apapun. Mereka kira planet yang baru disinggahinya sama seperti bumi, tempat tinggal yang berlimpah oksigen dan punya gaya tarik gravitasi. Maka kisah selanjutnya mudah ditebak. Saya tak akan melanjutkannya. Pasti anda sudah
bisa bayangkan sendiri bagaimana saat mereka keluar dari pintu pesawatnya dan…perlahan mereka sekarat!
 
Cerita di atas tentu tak pernah terjadi di luar angkasa sana. Sebab terlalu bodoh bila membiarkan para astronot itu terbang tanpa pengetahuan. Tapi makna ending cerita itu sangat mungkin terjadi di sini. Ya benar di bumi kita ini! Saat kita mulai kenal dunia internet dan karena saking girang memanfaatkannya sebagai saluran bisnis, sampai kita lupa menyesuaikan diri dengan dunia “baru” ini. Kita masih memakai cara lama untuk dunia bisnis “baru”. Dikiranya dengan cara jaman dulu yang pernah menghasilkan sukses, kita bisa mendapatkan kesuksesan yang sama. Padahal tidak! Setiap dunia bisnis baru perlu sikap, perangkat, pengetahuan, dan cara yang baru untuk mencapai sukses

Internet bukan televisi, bukan radio, bukan majalah, bukan direct mail dan bukan pula telemarketing. Internet adalah dunia marketing yang sepenuhnya baru. Siapapun yang tidak siap atau tidak bisa beradaptasi dengan internet tidak akan punya peluang untuk bertahan. Sebab bisnis masa depan ada dalam genggaman internet. Tak percaya? Tiap tahun pengguna internet terus meningkat melebihi media-media konvensional yang pernah ada. Dengan kecepatan dahsyat, jangkauan seluruh dunia dan selalu tersedia dalam 24 jam, tak ada media konvensional yang mampu menandingi internet.
 
Memang ada sebagian orang yang sudah mulai melakukan marketing lewat internet. Tapi, sayangnya mereka tidak tahu betul bagaimana memanfaatkan internet sebagai senjata pemasaran produk mereka. Banyak investasi promosi yang dikeluarkan terbuang sia-sia. Penyebabnya ada yang karena frustasi untuk mengenali dunia baru ini. Penyebab lainnya karena banyak yang menganggap internet tak lebih seperti tempat pemasaran yang lama. Atau ada pula yang berpandangan kalau internet akan melakukan semua pekerjaan
marketing bagi mereka. 

Tahukah anda kalau banyak sekali perusahaan yang kebingungan menjalankan internet marketing? Ibaratnya seperti lalat yang hinggap di sarang laba-laba. Mereka terjebak dan bingung tak tahu apa yang harus dilakukan. Namun, ada pula sebagian kecil perusahaan yang sudah merasakan manfaat internet.

Diakui, ditinjau dari segi apapun, internet menjadi media yang tak ada bandingannya untuk melakukan marketing. Keuntungan melimpah yang mereka capai yang menjadi dasar atas keyakinan itu. Yang mereka rasakan bukan hanya kabar dari orang-orang, tapi keuntungan nyata yang sudah mereka nikmati langsung. Dan bagi mereka yang menyadari bahwa internet adalah media pemasaran yang paling baik, mereka akan mempelajari taktik dan tekniknya. Karena situs web benar-benar memberi manfaat besar bagi perkembangan suatu bisnis. 

Situs web bukanlah sesuatu hal yang statis. Sebaliknya ia mengikuti proses kehidupan, selalu berkembang dan berubah. Nah, sekarang apa yang menjadi inti dari sebuah situs web? Apa yang paling menarik dari situs web? Konten. 

Dan cara terbaik untuk mengembangkan konten terbaik adalah dengan mengikuti tiga langkah ini :
1. Tulislah tujuan yang ingin dicapai oleh website anda.
2. Tulislah hambatan-hambatan yang menghalangi jalan anda untuk mencapai tujuan.
3. Bangun jembatan antara tujuan dan target market anda dengan informasi.
 
Kesuksesan situs web anda bergantung pada seberapa besar tingkat ketertarikan pengunjung terhadap konten anda. Desain hebat dan promosi yang spektakuler tidak ada artinya jika konten anda tidak memenuhi kebutuhan market anda. Nah, untuk mengembangkan konten demi memenuhi kebutuhan pasar, anda coba dulu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

 Apa tujuan jangka pendek dan mendesak situs web anda? Usahakan buat tujuan yang spesifik.
 Apa tindakan yang anda ingin pengunjung lakukan? Sedikit tindakan akan lebih baik.
 Apa tujuan jangka panjang anda ?
 Siapa yang anda inginkan untuk mengunjungi situs anda ?
 Solusi atau keuntungan apa yang anda tawarkan pada para pengunjung ini?
 Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan utama ?
 Informasi apa yang anda sediakan untuk mendorong mereka bertindak sekarang ?
 Pertanyaan apa yang paling sering ditanyakan pada anda lewat telepon ?
 Pertanyaan dan komentar apa yang paling sering anda dengar?
 Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan kedua ?
 Kemana target audience anda pergi untuk mencari informasi ?
 Seberapa sering anda menginginkan pengunjung anda kembali ke situs anda ?
 Alasan apa yang mungkin menyebabkan anda tidak bisa menjual sebanyak yang anda harapkan ?
 Siapa pesaing yang paling cerdik ?
 Apakah pesaing anda mempunyai situs web?
 Hal apa yang membedakan antara anda dan pesaing anda ?
 Seberapa penting nilai target market anda ?
 
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas bisa menentukan konten situs web anda. Konten itulah yang nantinya mengarahkan anda untuk menyediakan materi untuk pemula atau materi detail.Pertanyaan di atas membantu anda mengambil keputusan cerdas. Anda jadi tahu apa yang harus menjadi fokus perhatian anda, apa yang harus digunakan sebagai headings, apa yang harus ditunjukkan pada pengunjung, dan apa yang harus menjadi fitur. 

Selain itu, anda akan tahu seberapa sering harusnya anda meng-update situs web. Satu hal lagi, anda harus belajar menulis jika anda terjun dalam bisnis yang bergelut dengan dunia menulis (informasi).
 
Dan, ingat bahwa informasi yang anda berikan harus disajikan dalam ukuran-ukuran kecil. Perbanyak kalimat pendek dan paragraf. Karena internet adalah tempatnya para penulis yang lugas dan jelas. 

Dan hasilnya, anda akan mendapat keuntungan yang anda mau. Situs web yang berkonten baik berhak mendapat traffic tinggi, baik dari pengunjung maupun dari para pemilik situs web. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar