Berikut Beberapa INFO BISNIS Yang Bisa Jadi Dapat Anda Terapkan dan Semoga Bisa Menjadi Solusi Yang Tepat Untuk Memulai atau Merintis Wirausaha Anda
Inovasi Usaha “Sepatu dan Tas Lukis”
Sepatu dan tas bagi anak muda adalah hal yang sangat
penting. Sepatu dan tas dengan model yang menarik yang mencerminkan gaya anak
muda sekarang ini sedang banyak dicari. Salah satunya, ya ini dia sepatu lukis
dan tas lukis. Tampilan yang menarik dan model lukisan yang bisa disesuaikan
dengan permintaan si pembeli, membuat produk ini makin digandrungi. Inovasi
adanya sepatu dan tas lukis berawal dari keinginan para anak muda yang senang
dengan kreasi unik, mereka juga merasa bosan dengan model sepatu yang monoton.
Namun kini dengan hadirnya produk sepatu dan tas lukis, mereka dapat
mengekspresikan diri melalui gambar yang ada pada sepatu dan tas mereka.
Konsumen

Sejak awal mendirikan usaha ini, target utama produk
sepatu dan tas lukis lukis adalah kalangan anak muda. Karena anak muda pasti
suka style yang santai dan bebas dengan kreasi unik. Dengan hadirnya sepatu dan
tas lukis, mereka dapat memesan sepatu maupun tas dengan gambar yang sesuai
keinginan mereka. Tak heran lagi jika produk ini banyak dicari para anak muda.
Info Produk
Sepatu dan tas lukis biasanya terbuat dari kain
kanvas, jadi dapat dilukis dengan menggunakan cat untuk menghasilkan gambar
yang menarik. Bisnis sepatu dan tas lukis melayani konsumen dengan dua cara,
yaitu konsumen membeli langsung produk sepatu dan tas lukis ready stock, atau
melayani konsumen yang memesan gambar tertentu sesuai permintaan mereka.
Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk para
pelajar dan mahasiswa. Karena menyesuaikan harga dengan target konsumen yang
kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan mahaiswa yang senang dengan
fashion. Untuk harga sepatu biasanya dibandrol dengan harga seratus ribu rupiah
hingga dua ratus ribu rupiah, harga disesuaikan dengan sulitnya desain,
banyaknya warna yang dipakai, serta model sepatu yang dilukis. Sedangkan untuk
tas lukis, biasanya dihargai sebesar 40ribu sampai 100ribu.
Pemasaran
Pemasaran bisnis sepatu dan tas lukis dapat dilakukan
dengan menitipkan produk tersebut ke beberapa toko sepatu dan tas, selain itu
Anda juga dapat menitipkannya pada beberapa factory outlet yang menjual barang
– barang fashion anak muda. Disamping itu Anda juga dapat memperluas pasar
dengan membuka toko online, ataupun memasang iklan melalui media online, media
cetak maupun media elektronik untuk mencari para agen atau reseller untuk
membantu memasarkan. Beberapa event pameran juga menjadi sebuah peluang bagi
Anda, untuk mengenalkan produk sepatu dan tas lukis kepada khalayak ramai.
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Peralatan:
Rak
sepatu Rp
1.000.000,00
Lemari display untuk
tas Rp 750.000,00
Renovasi dan dekorasi
Rp 1.500.000,00
Meja & kursi workshop
Rp 1.000.000,00
Kursi tamu
Rp 500.000,00
1 unit computer + modem
Rp 3.500.000,00+
Jumlah
Rp 8.250.000,00
Penyusutan:
Masa pakai 4 tahun.
Nilai residu Rp
1.000,00.
Penyusutan per tahun
= (Rp 8.250.000 – Rp 1.000) : 4
= Rp 2.062.250,00
Penyusutan per bulan
= Rp 171.854,00
Perlengkapan:
Kalkulator
Rp 75.000,00
Kantong plastic
Rp 100.000,00
Alat tulis
Rp 50.000,00+
Jumlah
Rp 225.000,00
Bahan Baku:
20 sepatu kanvas polos Rp 1.200.000,00
2 kodi tas kanvas polos Rp
400.000,00
Cat akrilik
Rp 300.000,00
Satu set kuas nomor 1- 10 Rp
100.000,00+
Jumlah
Rp 2.000.000,00
Biaya Operasional:
Sewa tempat per bulan Rp
500.000,00
Listrik, tlpn, air
Rp 400.000,00
Gaji pegawai
Rp 750.000,00
Biaya perlengkapan Rp
225.000,00
Biaya bahan baku Rp
2.000.000,00
Penyusutan peralatan Rp
171.854,00+
Jumlah
Rp 4.046.854,00
Omzet per Bulan:
Pendapatan:
Sepatu Rp 125.000,00 x 20 Rp 2.500.000,00
Tas Rp 60.000,00 x 40 Rp
2.400.000,00+
Jumlah omzet
Rp 4.900.000,00
Laba per Bulan:
(Rp 4.900.000,00 – Rp 4.046.854,00) = Rp 853.000,00
Trend sepatu dan tas lukis saat ini sedang bagus,
dengan begini inovasi usaha sepatu lukis dan tas lukis pun semakin terbuka
lebar. Inilah kesempatan bagi Anda untuk berkarya sekaligus berbisnis. Jika
Anda masih sebagai mahasiswa pun bisa menggeluti usaha ini di waktu senggang
Anda.
Rosella Merah, Lambang Era Baru Divisi Kewirausahaan
Himalogista-UB
(cerita dari fun-gista 2012)

Divisi
kewirausahaan himalogista 2012 selama ini memiliki produk yang menjadi brand
image yang selalu dan selalu menjadi andalan disetiap ada bazar, pameran dan
acara apapun yang diselenggarakan oleh himalogista yaitu jelly drink
nanas-wortel yang telah ada sejak tahun 2007. Namun hari minggu itu serasa
berbeda saat teman-teman kewirausahaan himalogista menampilkan sesuatu yang
lain seperti jelly drink rosella merah. Menurut informasi salah satu staf kewirausahaan
himalogista, perubahan ini sebagai wujud antisipasi mereka atas melonjaknya
harga bahan baku nanas dan wortel sehingga diambil jalan lain dengan membuat
varian jelly drink baru dari rosella merah merah. Rosella merah diambil sebagai
salah satu varian alternatif rasa dalam jelly drink karena memiliki kandungan
antioksidan maupun vitamin C yang tinggi, rasa yang khas dan warna yang bagus.
Jelly drink rosella merah tetap memiliki konsep tujuan yang sama seperti jelly
drink yang dibuat sebelumnya yaitu jelly drink fungsional yang menyehatkan.
Ada
hal lain yang mengejutkan juga, kalau jelly drink rosella merah merah
memanfaatkan sari rosella merah, lantas bagaimana dengan ampas rosella
merahnya? Ternyata ampas rosella merah sisa pengolahan jelly drink diolah
menjadi produk makanan lain seperti selai rosella merah. Ampas rosella merah
sebagai limbah masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi bila dapat diolah
kembali sebab memiliki kandungan serat yang tinggi dengan tekstur yang lunak
dan sangat cocok untuk dibuat selai. Ampas rosella merah sisa pembuatan jelly
drink ternyata dicampur dengan bunga rosella merah yang baru (bukan ampas)
untuk mendapatkan warna alaminya yang berwarna merah cerah kemudian dihancurkan
dengan blender kemudian ditambahkan gula selanjutnya dilakukan proses
penyelaian. Selai rosella merah merah tersebut disajikan di dalam roti bakar
rosella merah yang juga dijual dalam acara tersebut dan rasanya tidak jauh
berbeda dengan roti selai yang telah beredar di pasaran.
Tidak
hanya selai rosella merah yang memanfaatkan ampas dari bunga rosella merah sisa
pemanfaatan pembuatan jelly drink, ternyata ampas bunga rosella merah juga
dimanfaatkan menjadi produk benilai ekonomis seperti manisan rosella merah,
proses pembuatannya dengan cara mencampur ampas bunga rosella merah dan gula
yang kemudian dipanaskan hingga menjadi manisan semi basah. Rasa manisan bunga
rosella merah buatan kewirausahaan himalogista sangatlah menggoda selera.
“manis-manis asam, seru rasanya, baru kali ini saya mencoba manisan yang
terbuat dari rosella merah, mungkin kemasannya bisa dibuat lebih menarik lagi”,
ujar salah satu pembeli yang sedang menikmati manisan rosella merah bersama
teman-temannya yang juga penasaran dengan produk inovasi kewirausahaan
himalogista itu.
Dari
segi kesehatan, ternyata Rosela mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit.
Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang
berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah berguna untuk mencegah
penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran
darah dan melancarkan buang air besar. Kelopak bunga tersebut mengandung
vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18
diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin
yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga
mengandung protein dan kalsium.
Kewirausahaan
himalogista juga menampilkan produk unik lain yaitu onde-onde ketan hitam,
bentuknya memang onde-onde plus biji wijen seperti biasanya, namun warna kulit
onde-onde biasanya putih keemasan sekarang menjadi hitam. “ini bukan onde-onde
gosong mas, tapi onde-onde ketan hitam”, celetuk salah satu penjaga stand
kewirausahaan himalogista. “ini buat belajar membuat onde-onde ketan hitam
butuh waktu 1 minggu buat coba-coba resep biar rasanya senikmat ini”, ujar
Windra, salah satu staff kewirausahaan himalogista Universitas Brawijaya Malang
yang merupakan pembuat onde-onde ketan hitam ini. “mungkin lain waktu akan saya
kembangkan dengan aneka rasa, kemarin saya coba pakai isi kacang merah, tapi
rasanya masih aneh”, lanjut Windra sembari tersenyum.
Inovasi-inovasi
baru inilah yang mungkin dapat memacu perkembangan kreatifitas mahasiswa Ilmu
dan Teknologi Pangan Universitas Brawijaya yang diwadahi oleh kewirausahaan
himalogista UB. Selayaknya memang mahasiswa dipacu berpikir inovatif dan mampu
memanfaatkan segala sumberdaya termasuk limbah seperti ampas sari rosella merah
untuk dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis lebih tinggi.
PROSPEK BISNIS KEDAI SUSU
Tingginya
kandungan gizi yang terdapat pada segelas susu murni ternyata tidak hanya
memberikan manfaat bagi kesehatan manusia namun juga mendatangkan untung besar
bagi sebagian pelaku usaha. Susu murni yang berasal dari sapi kini menjadi
salah satu menu minuman sehat yang mulai digemari semua kalangan masyarakat.
Sehingga tidak heran bila peluang tersebut dimanfaatkan banyak orang untuk mendapatkan
keuntungan yang cukup besar setiap bulannya.

Konsumen
Pada
dasarnya target pasar yang bisa Anda bidik sangatlah luas. Sebab, bisa
dikatakan susu murni cukup aman untuk dikonsumsi semua kalangan masyarakat,
dari mulai balita hingga para manula, baik untuk laki-laki maupun kaum
perempuan.
Info
Bisnis
Untuk
memulai bisnis kedai susu murni, ada beberapa hal penting yang perlu Anda
siapkan, yaitu antara lain sebagai berikut :
Mencari
supplier susu murni yang berkualitas bagus. Untuk mendapatkan susu sapi segar
yang berkualitas, Anda dapat menjalin kerjasama dengan peternak sapi perah yang
ada di sekitar lokasi usaha. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan stok susu
murni yang kualitasnya benar-benar terjamin.
Menyiapkan
lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja membangun kedai susu murni di
lingkungan kampus, di kantin sekolah, pusat perbelanjaan, atau di tempat-tempat
umum yang banyak dilalui kendaraan.
Mempersiapkan
peralatan yang dibutuhkan untuk proses produksi maupun peralatan furniture
untuk display atau tara ruang kedai. Biasanya peralatan yang dibutuhkan terdiri
dari kompor, termos tahan panas, panci, perabot masak, peralatan makan, serta
meja dan kursi untuk para konsumen.
Menciptakan
aneka varian rasa untuk menarik minat konsumen. Beberapa pilihan rasa yang
digemari konsumen antara lain susu coklat, susu jahe, fruit milk (stroberi,
melon, jeruk, mangga, dll), cookies milk (susu dengan toping remukan biscuit),
milkshake serta ice bland (es susu blender).
Di
bawah ini kami informasikan salah satu contoh resep fruit milk yang bisa Anda
coba di rumah.
Resep
Strawberry Milk
Asumsi
: Resep untuk 2 gelas
Bahan
:
400
ml susu sapi segar
50
gram buah strawberry segar
2
sdm gula pasir
100
cc air matang
Cokelat
bubuk secukupnya (untuk toping)
Cara
Membuat :
Haluskan
50 gram buah strawberry dan 100 cc air dengan menggunakan blender. Sisihkan.
Panaskan
susu dan gula pasir diatas api kecil, hingga susu benar-benar mendidih.
Campurkan
susu dengan buah strawberry yang telah dihaluskan. Hidangkan segera dengan toping
cokelat bubuk diatasnya.
Kelebihan
Bisnis
Kandungan
protein, kalsium, vitamin, dan fosfor yang terdapat pada susu murni memberikan
banyak manfaat bagi kesehatan para konsumen. Bahkan sebuah penelitian
menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi susu murni setiap harinya bisa mengurangi
resiko penyakit asma dan alergi. Hal ini tentunya memberikan keuntungan besar
bagi pelaku usaha susu murni, tingginya kandungan gizi yang ditawarkan menjadi
daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga semakin hari makin banyak
masyarakat yang gemar mengkonsumsi minuman sehat tersebut.
Selain
minat masyarakat yang semakin meningkat, menjalankan bisnis kedai susu murni
juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda bisa menyesuaikan kedai
yang dibangun dengan modal usaha yang Anda miliki. Bila Anda memiliki modal
minim, bisa memulai bisnis kedai susu murni dengan menyewa lokasi usaha di
depan minimarket-minimarket yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Sedangkan
untuk Anda yang memiliki modal cukup besar, bisa mendirikan kedai bisnis susu
murni dengan menggunakan konsep cafe maupun restoran.
Kekurangan
Bisnis
Menjalankan
segala bentuk usaha tentunya tidak terlepas dari adanya resiko kerugian, begitu
juga dalam menjalankan bisnis susu murni. Kondisi susu yang mudah basi menjadi
salah satu kendala yang cukup merepotkan pelaku usaha. Sehingga mereka harus
pintar-pintar mengatur persediaan susu segar dan menyimpannya dengan standar
operasional yang benar.
Disamping
kualitas susu yang mudah basi, persaingan pasar di bisnis kedai susu murni kini
semakin hari kian meningkat pesat. Kondisi ini bisa Anda amati dari banyaknya
pelaku bisnis yang menjalankan usaha serupa. Karena itulah, tampilkan sesuatu
yang berbeda agar bisnis susu murni Anda tidak tenggelam di tengah persaingan pasar
yang sudah ada.
Strategi
Pemasaran
Untuk
mendukung pemasaran bisnis Anda, bisa dilakukan dengan cara memasang spanduk
atau neon box yang cukup besar di depan lokasi kedai susu yang Anda bangun.
Lengkapi spanduk tersebut dengan nama usaha yang Anda usung serta gambar-gambar
menu unggulan yang ditawarkan. Strategi tersebut cukup efektif untuk menarik
minat masyarakat dan mempermudah calon konsumen untuk mengetahui keberadaan
bisnis Anda.
Langkah
kedua yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan pelayanan prima bagi para
pelanggan Anda. Ciptakan suasana kedai yang nyaman, sarana dan prasarana yang
memadai, serta menu-menu unik yang pastinya dengan cita rasa yang tidak kalah
menarik. Melalui upaya-upaya tersebut, konsumen semakin senang mengunjungi
kedai Anda dan tidak segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.
Bila hal tersebut telah terjadi, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan kekuatan
promosi word of mouth untuk memperluas jaringan pemasaran yang sudah ada.
Kunci
sukses
Yang
terpenting Anda memiliki lokasi usaha yang strategis dan memiliki kemampuan
khusus dalam menginovasikan varian rasa susu yang ditawarkan. Semakin lezat
menu susu murni yang Anda sajikan, serta semakin lengkap menu yag Anda
inovasikan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk memikat hati para
pelanggan. Pelanggan puas, keuntungan pun mengalir semakin deras.
Analisa
Ekonomi
Modal
awal
Sewa
tempat
Rp
15.000.000,00
Alat
masak (kulkas, kompor, panci, termos) Rp 3.000.000,00
Peralatan
makan (gelas, piring, sendok, dll) Rp 800.000,00
Meja
dan kursi kayu Rp 2.500.000,00+
Total
Rp
21.300.000,00
Peralatan
dan perlengkapan mengalami penyusutan dengan rincian :
Alat
masak : 1/48 bln x Rp 3.000.000,00 = Rp 62.500,00
Peralatan
makan : 1/24 bln x Rp 800.000,00 = Rp 33.300,00
Meja
dan kursi : 1/60 bln x Rp 2.500.000,00 = Rp 41.700,00+
Total
Rp
137.500,00
Biaya
operasional per bulan
Susu
murni 20x @ Rp 4.000,00/ltr x 26 hr Rp 2.080.000,00
Gula,
sirup, buah, cokelat bubuk, cookies Rp 1.300.000,00
Kemasan
gelas plastik, sedotan, dll Rp
300.000,00
Biaya
gas 3 kg @ 17.500,00 x 8 tabung Rp 140.000,00
Gaji
2 karyawan x @ Rp 800.000,00 Rp 1.600.000,00
Biaya
listrik dan telepon Rp
300.000,00
Biaya
transportasi
Rp
390.000,00
Biaya
promosi
Rp
500.000,00
Biaya
penyusutan
Rp
137.500,00 +
Total
Rp
6.747.500,00
Omset
per bulan
Harga
jual produk susu murni, rata-rata Rp 5.000,00/gelas.
Pendapatan
: 80 gls x @ Rp 5.000,00 x 26 hr Rp 10.400.000,00
Laba
bersih per bulan
Rp
10.400.000,00 – Rp 6.747.500,00
= Rp 3.652.500,00
ROI
(Return of Investment)
(modal
awal : laba bersih per bulan) =
± 6 bulan
GURIHNYA AYAM GORENG TEPUNG (LALAPAN)

Hampir
semua orang mengenal dan pernah menikmati yang namanya ayam goreng tepung.
Penggemarnya pun tidak sedikit. Tebukti dengan menjamurnya gerai ayam goreng
dan tepung, baik berupa usaha mandiri ataupun usaha waralaba. Setiap skala
usaha ini menjanjikan peluang yang cukup besar karena masing-masing memiliki
pangsa pasar sendiri. Ayam goreng tepung tersebut hanya satu dari sekian aneka
olahan yang berbahan dasar daging ayam. Karena kita ketahui bersama selama ini,
banyak sekali makanan yang dihasilkan dari bahan utamanya berupa daging ayam.
Produk
Untuk
faktor kelezatan, ayam goreng tepung ditentukan oleh kualitas daging ayam yang
digunakan, racikan bumbu, dan kerenyahan tepungnya. Sebaiknya Anda menggunakan
ayam potong yang segar dengan membeli langsung di tempat pemotongan ayam karena
kualitasnya lebih terjamin. Bahkan di tempat tersebut juga bisa memilih ayam
yang masih hidup.
Untuk
racikan bumbunya, penjual ayam goreng tepung umumnya membuat sendiri atau
mencampurnya dengan tepung bumbu siap pakai. Keuntungannya, selain biayanya
lebih murah juga dapat menyesuaikan dengan selera pembeli. Untuk kemasan
jualannya, biasanya ayam goreng tepung dijual per potong atau per bagain.
Pelengkapnya adalah saus dalam bentuk sachet.
Cara
memulai usaha
Sebelum
memulai usaha ini, tentukan lokasi yang akan digunakan untuk memulai usaha.
Lokasi yang kebanyakan diambil atau digunakan oleh para penjual ayam goreng
tepung adalah di pinggir jalan raya yang ramai. Bahkan jika memungkinkan Anda
sebaiknya membukanya berdekatan dengan kumpulan pedagang makanan lain seperti
nasi goreng, sate ayam, atau martabak. Lokasi seperti itu tidak diragukan lagi
keramaiannya, sehingga lebih berpeluang mendapatkan pembeli dalam jumlah yang
besar. Harga sewa untuk tempat usaha ayam goreng tepung tersebut bervariasi
antara Rp. 100.000- Rp. 300.000/ bulan.
Perlengkapan
usaha yang diperlukan untuk menjual ayam goreng tepung antara lain gerobak atau
etalase sederhana, kompor gas, tabung gas, wajan, sutil, saringan minyak,
baskom plastik untuk wadah campuran bumbu dan tepung, penjepit makanan, dan
kantong kertas. Kelengkapan usaha yang lainnya adalah tenda sederhana bila
berjualan di tempat terbuka dan beberapa kursi untuk kenyamanan pembeli yang
sedang menunggu. Dalam menjalankan operasionalnya juga cukup mudah sehingga
cukup mempekerjakan satu orang tenaga kerja di satu gerai, untuk potongan
daging ayam dan campuran tepung, bumbu bisa dipersiapkan dari rumah. Sehingga
ketika berjualan, pegawai dapat langsung melumuri ayam dengan campuran tepung
dan bumbu kemudian menggorengnya.
Pemasaran
Untuk
media pemasaran, penjual dapat memberikan promosi dengan diskon di awal
usahanya. Informasi juga bisa melalui pamflet yang ditempel di sekitar tempat
usaha atau brosur yang disebar. Setelah usaha berjalan diharapkan dapat
“mempromosikan” dirinya sendiri. Maksudnya, pelanggan atau konsumen secara
“sukarela” menginformasikan dan merekomendasikan produk kita dari mulut ke
mulut. Promosi semacam ini efektif bila produk Anda unggul dalam rasa,
kualitas, dan harga.
Harga
dihitung berdasarkan harga beli bahan dan keuntungan yang ingin diraih. Satu
potong ayam goreng tepung dapat dijual Rp 3.500 – Rp 5.000, tergantung dari
ukuran dan lokasi berjulan. Harga jual dapat sedikit dinaikkan di lokasi yang
diperkirakan memiliki daya beli lebih tinggi.
Kendala
usaha
Selama
ini yang menjadi resiko atau kendala dalam membuka usaha ayam goreng tepung
adalah persaingan dan isu penggunaan ayam tiren (mati kemarin) maupun
penggunaan formalin pada daging ayam. Persaingan semakin ketat karena semakin
banyak usaha baik pribadi maupun waralaba yang menjual jenis makanan ini.
Menjual ayam goreng tepung dengan kualitas daging yang terjaga dan racikan
bumbu yang konsisten dapat menjadi senjata menghadapi persaingan yang ada. Isu
ayam tiren dan penggunaan formalin pada pengawetan daging ayam dapat disiasati
dengan memasang brosur cara mengenal daging ayam yang baik dan ciri daging ayam
(bentuk, ukuran, dan rasa) yang telah digoreng tepung sehingga pembeli merasa
lebih yakin dengan produk yang dijual.
Contoh
resep ayam goreng tepung
Bahan:
Satu
ekor ayam broiler, potong 12 bagian, cuci bersih
Minyak
goreng secukupnya
Tepung
bumbu:
1
kg tepung terigu
1
sdm tepung bumbu siap pakai
2
sdm penyedap rasa
1
sdm garam
1
sdt baking powder
1
sdt merica bubuk
1
sdt ketumbar bubuk
Cabai
kering bubuk secukupnya
Cara
membuat
Rendam
potongan ayam dalam air dingin, angkat dan tiriskan
Campurkan
tepung terigu, tepung bumbu, penyedap rasa, garam, baking powder, merica,
ketumbar, dan cabai kering. Aduk rata.
Lumuri
potongan daging ayam menggunakan campuran tepung bumbu hingga seluruhnya
tertutupi.
Panaskan
minyak goreng dalam jumlah cukup banyak sehingga dapat merendam potongan ayam.
Goreng potongan ayam yang telah dilumuri campuran tepung bumbu hingga berwarna
keemasan. Angkat kemudian tiriskan.
Analias
ekonominya
Asumsi
- Masa pakai etalase sederhana 5 tahun
- Masa pakai peralatan masak 4 tahun
- Masa pakai peralatan lain-lain 2 tahun
- Satu ekor ayam dipotong menjadi 12 bagian
- Usaha dijalankan sendiri tanpa karyawa
a.
Modal Awal
Etalase
sederhana Rp
1.500.000,00
Peralatan
masak (kompor gas, wajan, dan sutil) Rp 600.000,00
Peralatan
lain-lain (baskom plastik, saringan minyak,
dan
penjepit makanan)
Rp
100.000,00+
Total
investasi
Rp
2.200.000,00
b.
Biaya operasional/bulan
1.
Biaya tetap
Penyusutan
etalase sederhana 1/60 x Rp. 1.500.000 Rp 25.000,00
Penyusutan
peralatan masak 1/48 x Rp. 600.000 Rp 12.500,00
Penyusutan
perlatan lain-lain 1/24 x Rp. 100.000 Rp 4.200,00
Sewa
tempat
Rp
150.000,00+
Total
biaya tetap
Rp
191.700,00
2.
Biaya variabel
Ayam
(6 ekor x Rp 25.000/ekor x 30 hari)
Rp 4.500.000,00
Tepung
terigu dan bumbu (Rp 60.000/hari x 30 hari) Rp
1.800.000,00
Kantong
kertas dan plastik pembungkus
(Rp
5.000/hari x 30 hari)
Rp
150.000,00+
Total
biaya variabel
Rp
6.450.000,00
Total
biaya operasional (Rp 191.700 + Rp 6.450.000 ) Rp
6.641.700,00
c.
Omset per bulan
Penjualan
ayam goreng tepung
(72
potong x Rp 4.500/ potong x 30 hari)
Rp 9.720.000,00
d.
Keuntungan per bulan
Keuntungan
= Total Omset – Total biaya operasional
=
Rp 9.720.000,00 – Rp 6.641.700,00
=
Rp 3.078.300,00
e.
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C
= Total penerimaan:Total biaya operasional
=
Rp 9.720.000,00 : Rp 6.641.700,00
=
1, 46
f.
Pay Back Period
Pay
back period=(total biaya investasi:keuntungan)x1 bulan
=
(Rp 2.200.000,00 : Rp 3.078.300,00)x1 bulan
=
0,7 bulan
BISNIS MIE AYAM TETAP SUBUR

Sekarang
mie telah menjadi makanan pokok ke 2 setelah beras. Ini ide bagus jika kita
bisa mengambil ini sebagai peluang bisnis yang potensial untuk digali. Yah,
memang selama ini bisnis yang masih cukup menggoda untuk tetap dikembangkan
adalah bisnis mie ayam.
Bagaimana
tidak, hampir semua orang menyukai makanan ini. Bisnis ini bak jamur yang mudah
tumbuh dimana-mana dan tetap eksis sampai sekarang. Tapi banyak juga yang
gulung tikar karena tidak bisa memiliki ciri khas yang membuat konsumen
terpikat oleh mie yang ditawarkan.
Saat
ini penjualan Mie bisa kita temui dengan banyak variasi, ada juga berjualan
dengan menggunakan gerobak, tenda, warung, maupun dalam restoran-restoran.
Sehingga tak salah jika banyaknya persaingan dalam penjualan mie ini.
Persaingan memang merupakan salah satu resiko usaha mi ayam. Karena hampir di
semua ruas jalan dapat ditemui pedagang makanan ini. Untuk menghindari
persaingan memang perlu beberapa cara untuk memenangkan suatu persaingan demi
memikat konsumen agar datang ke usaha anda.
Beberapa
faktor yang bisa mendukung pengembangan usaha mie, antara lain:
- Semangat yang optimis bahwa usaha yang anda dirikan akan sukses.
- Ada ciri khusus dari mie yang anda tawarkan. Misalnya ke khasan dari menu, adanya variasi-variasi menu yang ditawarkan, contoh: dengan penambahan pangsit pada mie, penambahan jamur pada pelengkapnya atau menggantikan lauknya dengan daging sapi, daging ikan maupun mengubah tampilan mie dengan memvariasikan pembuatan mie dengan berbagai sayuran menjadi mie pelangi, dll.
- Peningkatan mutu (misalnya: kehalalan menu, standarisasi mutu, higienitas menu yang ditawarkan, dll)
- Pemilihan tempat yang strategis.
- Kenyamanan bagi pengunjung.
- Pelayanan yang memuaskan.
- Lakukan promosi di awal usaha dengan mengenalkan keunggulan mie yang anda berikan.
Nah,
setelah anda yakin dengan usaha mie yang akan anda rintis, lalu, mungkin anda
akan bertanya bagaimana membuatnya? Berikut ini akan saya tampilkan bagaimana
cara membuat mie ayam. Silahkan jika anda ingin mengkreasikan dengan berbagai
macam variasi-variasi yang lain agar mie yang anda ciptakan mempunyai ciri khas
tersendiri, yang bisa menarik consumen. Selamat mencoba.
Bahan:
- 1/2 kg mie ayam (siap dibeli di pasar)
- 100 ml Minyak ayam
- 100 ml Kecap asin
- 300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak
- 3 sdm Kecap manis
- 2 sdm Kecap Ingris
- 2 batang Daun bawang dirajang
- Caisin, penyedap dan bawang goreng secukupnya.
- Bumbu yang dihaluskan:
- 3 siung Bawang putih
- 5 buah Bawang merah
- 1 sdt Ketumbar
- 3 cm Kunyit
- 3 cm Jahe
- 4 butir Kemiri
- Bahan Kaldu:
- 2 liter Air
- 1/2 kg Tulang ayam
- 1 sdt Garam
- 1/2 sdt Lada bubuk
Cara
membuat :
- Kaldu: air direbus hingga mendidih, masukkan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam.
- Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam,tambahkan penyedap, tumis sebentar, angkat, sisihkan.
- Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sdt penyedap.
- Rebus mie dan caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan di dalam mangkuk yang telah terisi dengan bumbu, masukkan ayam 2 sdm.
- Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.
Catatan:
- Kunci kelezatan mie ayam ada pada minyak ayamnya.
- Cara membuat: ambil kulit ayam dan lemaknya, panaskan dengan api kecil diatas penggorengan, tambahkan 2 siung bawang putih digeprak, panaskan hingga seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam, minyak siap untuk digunakan.
Cara
membuat pangsit goreng
Bahan
Kulit
:
- 250 gr tepung terigu
- 1 kuning telur
- 50 gr margarin yang dilelehkan
- 100 ml air
- 1/2 sdt garam
Isi
Pangsit :
- 125 gr udang, buang kulitnya lalu cincang halus
- 1 btr telur
- 2 sdm tapioka
- 1 bh daun bawang di iris halus
- merica dan garam secukupnya
- minyak wijen 1/2 sdm
Cara
membuatnya:
- haluskan udang, lalu campur dengan minyak wijen, telur, tapioka, garam, merica dan daun bawang, aduk2 hingga rata, diamkan dahulu
- lalu untuk kulit pangsit, masukkan tepung terigu, kuning telur, margarin, air dan garam, aduk2 rata hingga kalis
- pipihkan adonan, dapat menggunakan mesih pembuat mie, atau dengan kayu untuk memipihkan adonan, lalu potong2 menjadi 10 x 10.
- Panaskan minyak goreng, masukkan pangsit yang sudah di potong tadi
- Jika akan membuat pangsit goreng isi udang, Isi adonan pangsit dengat 1 sdt udang yang sudah dihaluskan, rekatkan, bentuk sesuai selera, dan siap di goreng
- Masak hingga kecoklatan, balik-balik.
POTENSI PANGAN LOKAL : UBI
MADU CILEMBU
Ubi jalar dikenal dengan nama ketela rambat, huwi
boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweetpotato (Inggris), dan shoyo (Jepang)
merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan
kita. Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung
vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa,
hemiselulosa).

Ada beberapa varietas ubi jalar yang ada di
Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus,
Cangkuang, Sewu. Sedangkan varietas-varietas yang baru dilepas tahun 2001
antara lain: Cilembu yang berasal dari Sumedang. Masing-masing varietas
memiliki rasa khas yang berbeda-beda.
Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian
unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil ubi cilembu
adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang. Ubi cilembu berkulit gading,
berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika
dipanggang. Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa
manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa apabila ubi dibakar dalam open,
terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu. Rasa manis
ini merupakan sumber energi bagi orang yang mengkonsumsinya, sehingga cocok
apabila disantap sebagai hidangan untuk sahur maupun buka puasa.
Silahkan anda mampir ke daerah sekitar kecamatan
Tanjungsari, atau daerah sepanjang Jatinangor dan Cadas Pangeran. Disana banyak
terdapat penjual yang menjajakan ubi cilembu di sisi kanan kiri jalan raya.
Pengolahan:
Pada umumnya produk ubi Cilembu diperdagangkan
dalam bentuk ubi bakar / oven. Ubi yang siap diproses adalah ubi yang telah
disimpan 5-7 hari setelah dipanen. Ciri ubi yang telah siap diolah/di-oven
adalah ketika ubi terasa lebih lemas (tidak kaku) ketika dibengkok-bengkokkan,
berat menyusut serta kulit sudah sedikit keriput.
Pengolahan Ubi Cilembu yang umum dilakukan adalah
dengan cara di-oven selama kurang-lebih 30-90 menit (tergantung ukuran ubi)
hingga ubi menjadi lunak dan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang
manis rasanya. Spesifikasi ada cairan madu tersebut hanya didapati pada ubi
Cilembu. Inilah yang menjadi keistimewaan ubi cilembu dibanding ubi lainnya. Karena
itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Setelah di-oven Ubi akan
tahan hingga 2-3 hari pada suhu normal, dan jika ingin lebih awet bisa
dimasukkan kedalam lemari pendingin dan dihangatkan kembali bila ingin
dikonsumsi.
Selain dibakar / oven ubi cilembu juga sudah
diolah dan diperdagangkan dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai,
saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup.
Komoditas Ekspor.
Ubi Cilembu mempunya nilai ekonomi tinggi bahkan
potensial sebagai penghasil devisa melalui ekspor. Ubi Cilembu telah mampu
menembus pasar regional maupun internasional. Ubi jalar Cilembu asal Sumedang
sejak lama telah menembus pasar ekspor di Singapura, Malaysia, Korea, dan
Jepang. Di Jepang, ubi jalar telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan tradisional
dan juga diolah menjadi ethanol, bahan baku kosmetik dan minuman khas Jepang
shake. ” Kalangan industri Jepang menilai ubi Cilembu, sangat bagus untuk
dijadikan bahan baku kosmetik dan minuman”.
Penyimpanan:
Ubi Madu Cilembu adalah komoditi yang mudah sekaligus
sulit dalam penanganannya. Penyimpanan Ubi Madu Cilembu haruslah dilakukan
secara baik agar tidak rusak maupun busuk. Umumnya dalam kondisi mentah Ubi
Madu Cilembu bisa bertahan selama 3-4 minggu, namun ini akan sulit tanpa
perawatan yang tepat.
Cara penyimpanan yang baik adalah dengan
menyimpannya pada ruangan terbuka dan tidak lembab lalu diberi alas kardus atau
karung agar ubi tidak langsung menyentuh lantai yang dapat mengakibatkan ubi
terkena hawa dingin dan menjadi lembab.
Usaha Sablon Kaos Digital
Ide bisnis kali ini mungkin sudah umum tetapi masih sangat mungkin
untuk dikembangkan. Bisnis yang dimaksud adalah berjualan t-shirt dengan design
custom (desain tersendiri yang eksklusif).
Trend T-Shirt atau kaos tanpa kerah selalu ada sepanjang zaman,
ditambah lagi kegemaran atau trend dewasa ini dimana masyarakat terutama
anak-anak muda menyukai desain yang eksklusif sehingga apa yang mereka pakai
tidak pasaran. Nah, biasanya anak-anak muda yang menginginkan desain eksklusif
biasanya lari ke distro (distribution
outlet) yang menawarkan aneka jenis T-Shirt eksklusif dengan
beragam warna, desain dengan gambar tokoh kartun lucu, band idola dan
gambar-gambar lainnya.
Jika ditilik, peluang usaha dalam bidang ini persaingannya cukup
sengit namun bila Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menawarkan desain yang
terbaik, serta tak lupa berpromosi dengan gencar, mungkin saja produk Anda akan
laris manis terjual.
Sebetulnya modal untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar.
Dengan modal dibawah Rp. 7 juta, saya menemukan beberapa supplier yang
menawarkan paket usaha lengkap terdiri dari 1 unit Mesin Hot Press, 1 Unit
Printer sistem infus, Tinta Sublime, Inkjet Paper dan 1 lusin kaos polyester.
Saya kira paket itu lengkap dengan petunjuk penggunaan bagaimana menyablon
kaos. Kelebihan dari sablon digital adalah proses yang sangat cepat tanpa
berurusan dengan alat sablon manual.
Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan
kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal anda menguasai Photoshop. Ada
baiknya anda pelajari terlebih dahulu penggunaan photoshop untuk keperluan
desain.
Dewasa ini disain mudah ditiru, tetapi anda tak usah khawatir,
bila anda selalu muncul dengan ide desain yang segar, mungkin saja penjualan
t-shirt anda laris manis. Baca pula trend terkini di kalangan anak muda, apakah
publik sedang menyukai tokoh kartun tertentu atau seleb tertentu, kenapa
tidak Anda yang buat desain kaosnya, siapa tahu anda bisa menumpang trend
yang sedang in.
Hal lain yang perlu dipikirkan adalah strategi pemasaran, bisa
saja anda menawarkan produk pada teman dan kerabat, membuka toko sendiri, atau
kalau tidak cukup modal bisa merambah dunia maya dengan membuat web store.
Kekurangan usaha ini, sablon digital kurang cocok pada bahan katun
karena warnanya kadang-kadang warnanya kurang kontras. Bisa saja anda
kombinasikan dengan sablon manual untuk menghasilkan desain kaos yang bagus dan
terutama enak dipakai.
Era Digital Kaus Sablon
SEBUAH printer baru yang kemudian dimodifikasi disertai tinta
khusus menjadi modal utama membentuk usaha sablon digital sederhana di Jakarta.
Tidak hanya kamera yang masuk era digital, sablon merupakan salah
satu produk sampingan era digital. Digitalisasi sablon membuat banyak waktu
yang bisa dihemat, dan kualitas produk yang bisa ditingkatkan.
Apa yang membedakan sablon digital dengan sablon biasa? Pada
sablon biasa, sulit bagi kita membayangkan harga pemesanan 50 buah kaus dengan
50 gambar yang berbeda. Harganya tentu sangat mahal, karena masing-masing
gambar membutuhkan screen sablon terpisah. Bagi produk sablon digital, prinsip
kerja sablon yang diubah menjadikannya cukup bersaing dengan harga pasar, di
samping kualitasnya yang sangat baik.
Bagi Anda yang masih berada di bangku SD dan SMP pada tahun
1960-an dan 1970-an, pasti terkenang pemusik yang beken pada saat itu.
Wajah Alice Cooper, John Lennon, dan grup Deep Purple tak asing
bagi kita. Gambar wajah mereka pun bisa kita cetak di atas T-shirt menggunakan
setrika panas. Kualitas sablon setrika pada masa itu masih pas-pasan, tetapi
cukup lumayan buat bergaya dengan wajah pemusik idola.
Generasi Kini
Generasi sablon setrika sekarang menggunakan tinta khusus yang
didatangkan dari luar negeri. Dengan tinta seharga Rp 450.000,00 kita dapat
membuat sebanyak 100 kaus dengan gambar sablon yang berlainan.
Proses pembuatannya juga sederhana, yaitu menggunakan tinta
khusus, sebuah printer inkjet yang dimodifikasi, serta mesin pres. Hanya dengan
tiga alat inilah, sablon digital sudah bisa dicetak pada kaus.
Gambar atau foto yang kita ambil dengan kamera digital, kemudian
disempurnakan pada layar komputer. Hasil pekerjaan di layar komputer kemudian
dicetak pada kertas HVS biasa.
Tidak seperti cara konvensional, kita tak lagi menggunakan screen.
Hasil gambar yang kita lihat di layar komputer secara utuh tercetak menggunakan
printer modifikasi.
Dalam hal ini, kertas hanya menjadi media pemindah, karena
kualitas tinta yang memegang peranan. Dan pada saat gambar selesai dicetak di
atas kertas, kertas tersebut kemudian bisa dipindahkan ke atas kaus dan ditekan
menggunakan mesin pres sederhana. Hasilnya menggembirakan, gambar warna yang
kita saksikan di kertas pindah secara utuh ke atas kaos dengan resolusi tinggi.
Tidak seperti sablon biasa yang membutuhkan waktu lumayan lama
untuk proses pengeringan, proses pengeringan pada sablon digital hanya 30
detik.
Dengan teknik ini, tentu saja tak hanya kaus yang bisa kita cetak dengan gambar kesukaan kita. Penghematan bisa dilakukan jika media yang digunakan bertekstur, seperti tas anak sekolah. Dengan tekstur seperti itu, penggunaan tinta bisa dihemat, sehingga hasil akhir bisa lebih banyak. Namun hasil gambar tidak terpengaruh, karena tercetak di atas media bertekstur.
Dengan teknik ini, tentu saja tak hanya kaus yang bisa kita cetak dengan gambar kesukaan kita. Penghematan bisa dilakukan jika media yang digunakan bertekstur, seperti tas anak sekolah. Dengan tekstur seperti itu, penggunaan tinta bisa dihemat, sehingga hasil akhir bisa lebih banyak. Namun hasil gambar tidak terpengaruh, karena tercetak di atas media bertekstur.
Ada Beberapa Cara Untuk Sablon Digital Sparasi Pada Kaos
Cara pertama adalah menggunakan transfer paper. Kertas ini dapat
dengan mudah diperoleh di toko buku. Anda hanya perlu menyiapkan kaos yg akan
disablon dan alat pemanas/strikaan. Pertama-tama print gambar yg akan disablon
pd transfer paper, utk kaos putih print mirror dan utk kaos warna/gelap print
biasa saja. Setelah gambar selesai diprint pada transfer paper, letakkan gambar
pada kaos, lalu dipress, bisa menggunakan strikaan. Kaos selesai disablon. Cara
ini sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan alat yg sederhana. Gambar
yg dihasilkan sangat terang. Namun cara ini juga mempunyai kekurangan, yaitu
hasil sablon tdk bertahan lama dan mudah retak/pecah/lepas.
Cara kedua, menggunakan mesin press sablon. Untuk ini perlu juga
menyiapkan printer dengan tinta sublim. Gambar yg akan disablon, diprinter
menggunakan printer tsb secara mirror (terbalik). Letakkan gambar pada kaos yg
akan disablon, lalu dipress menggunakan mesin press kaos. Sablon gambar yg
dihasilkan akan lebih awet/tdk akan pecah, karena tinta sublim akan menyerap ke
dlm serat kain. Cara ini akan berhasil dgn baik jika kaos yg disablon terbuat
dari bahan TC, PE atau hidget. Kaos katun juga dapat dipress/sablon digital
menggunakan cara ini, namun sebelum dipress kaos katun terlebih dahulu harus
dicoating menggunakan cairan khusus, agar tinta sublim dapat menyerap ke dlm
kaos. Cara meng-coating kaos katun akan dibahas pada catatan selanjutnya.
Sablon sparasi menggunakan transfer paper biasanya menghasilkan
warna gambar yg sangat terang. Namun, hasil tempelannya kurang tahan lama,
mudah retak dan pecah. Agar hasil tempelan bisa lebih tahan lama maka
diperlukan perawatan khusus, seperti pencucian tdk bisa dikucek/disikat dan
pada saat distrika harus dibalik.
Transfer paper biasanya banyak digunakan untuk kaos yg bahannya
katun. Utk bahan selain katun, seperti Polyester, TC, Hidget, tdk perlu
menggunakan transfer paper. Alat dan bahan yg diperlukan adalah sebagai
berikut:
1. Kaos berbahan Polyester (PE), TC atau Hidget
2. Printer dengan sistem tinta sublim (tdk bisa dengan sistem
tinta biasa)
3. Kertas HVS atau Inkjet paper
3. Mesin press kaos
Langkah-langkahnya adalah:
1. design gambar yg siap cetak diprint mirror (terbalik) pada
kertas HVS atau Inkjet
2. Siapkan kaos yg akan disablon.
3. Set mesin press kaos pada suhu 330-350 derajat dgn waktu 60
detik
4. Letakkan gambar diatas kaos
5. Press kaos ketika mesin mencapai suhu 330 derajat. Tunggu
hingga proses press selesai
Hasil sablon untuk bahan2 di atas akan sangat awet. Karena tinta
sublim akan meresap ke dlm serat kain, sehingga dapat dihindari resiko sablon
pecah/retak/lepas.
Namun untuk bahan katun cara ini tdk dpt digunakan. Sablon digital
sistem tinta sublim untuk kaos katun akan dijelaskan pada catatan selanjutnya.
INFORMASI KOS DAN KONTRAKAN

Anda
mahasiswa baru, atau karyawan baru yang kesulitan mencari tempat kos dan
kontrakan? Inilah problem kebanyakan orang-orang pendatang, dimana mereka sangat
membutuhkan tempat tinggal sementara yang nyaman tentunya. Kebanyakan mahasiswa
yang tersebar diseluruh Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari luar
daerah, sehingga tempat tinggal sementara selama mereka mencari ilmu adalah
sesuatu yang sangat urgen. Inilah peluang yang harus Anda tangkap. Walaupun
Anda tidak punya tempat kos tetapi Anda bisa menjual jasa informasi
tempat-tempat kost tersebut.
Konsumen
Target
konsumen bisnis ini adalah para mahasiswa dan siswa SMU, serta para kayawan
yang bekerja maupun menuntut ilmu di kota Anda. Biasanya banyak pendatang dari
luar kota yang memilih mencari pekerjaan atau menuntut ilmu di kota. Hal ini
menjadi target pasar bisnis informasi kos dan kontrakan.
Info
bisnis
Usaha
ini dapat dilakukan terutama ketika masa liburan semester akan berakhir. Sebab
dimasa itu biasanya anak-anak kos lama atau mahasiswa baru akan mencari tempat
tinggal sementara yang baru. Konsumen target Anda adalah mahasiswa dan juga
siswa SMA pendatang. Para karyawan luar kota pun bisa menjadi konsumen Anda,
baik telah atau belum berkeluarga.
Yang
harus Anda lakukan adalah, menyediakan tempat informasi yang tidak perlu besar.
Tapi jangan lupa untuk memilih lokasi disekitar perguruan tinggi, sekolah atau
komplek pertokoan, perkantoran atau bahkan mal. Langkah-langkah selanjutnya
adalah mengumpulkan data tentang tempat-tempat kos dan kontrakan disekitar atau
di Koran harian. Jangan lupa untuk melengkapi data Anda dengan alamat, no
telepon, fasilitas dan ukuran kamarnya.
Penetapan
harga yang layak biasanya berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- per
informasi. Dengan tarif itu konsumen dapat mencatat sebanyak mungkin alamat
yang mereka perlukan selama tidak di foto kopi. Namun jika konsumen meminta
Anda untuk mencarikan kos atu kontrakan sesuai dengan kualifikasi mereka, Anda
sebaiknya mencarikannya sampai ketemu dengan tarif antara Rp 50.000,- sampai Rp
100.000,-.
Kelebihan
bisnis
Bisnis
informasi kos dan kontrakan, tidak membutuhkan peralatan mahal serta keahlian
khusus lainnya. Yang dibutuhkan hanya media untuk membenatu promosi dan
pendekatan terhadap calon konsumen. Agar konsumen percaya dan menggunakan jasa
Anda.
Kekurangan
bisnis
Bisnis
ini memiliki pendapatan yang tidak tetap, karena tidak setiap hari ada orang
mencari informasi kos dan kontrakan. Bisnis ini tidak akan terlalu ramai ketika
awal tahun semester baru belum datang, sehingga pendapatan yang Anda peroleh
akan menurun pada saat – saat tersebut.
Pemasaran
Untuk
pemasaran bisnis, dapat dicoba dengan membagikan brosur maupun pamflet di
sekitar kampus atau sekolah yang ada di kota Anda. Selanjutnya untuk memperluas
informasi, Anda dapat mempromosikannya melalui iklan yang ada di media cetak,
media elektronik maupun media online. Bila perlu Anda memasang iklan bisnis
Anda melalui yellow pages, sehingga para pendatang dari luar kota mengetahui
keberadaan usaha Anda.
Kunci
sukses
Kesuksesan
usaha ini terletah pada kelengkapan informasi yang dapat Anda berikan. Selain
itu tambahan pendapatan dapat Anda peroleh ketika Anda menjalin kerjasama
dengan pemilik kost dengan kesepakatan, Anda memperoleh fee ketika mahasiswa,
siswa atau karyawan jadi untuk kos atau kontrak ditempat pemiliknya. Tapi
jangan lupa untuk selalu memperbaharui data Anda dan mencari informasi tempat
kos dan kontrakan lain yang belum laku jika tempat yang dulu telah penuh.
Analisa
Ekonomi
Modal
Awal
Sewa
tempat Rp 6.000.000
Promosi
Rp 200.000
Kertas
dan buku untuk data Rp 150.000
Rak,
meja dan kursi Rp 400.000+
Total
Rp 6.750.000
Biaya
Operasional
Telepon
Rp 200.000
Gaji
pegawai Rp 700.000
listrik
Rp 100.000+
Total
Rp 1.000.000
Omzet
per bulan Rp 2.000.000
Laba
per bulan
Rp
2.000.000 – Rp 1.000.000 = Rp 1.000.000
ROI
(Return of Investment)
(
modal awal : laba bersih per bulan ) = < 7 bulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar