Info Bisnis


Berikut Beberapa INFO BISNIS Yang Bisa Jadi Dapat Anda Terapkan dan Semoga Bisa Menjadi Solusi Yang Tepat Untuk Memulai atau Merintis Wirausaha Anda

Inovasi Usaha “Sepatu dan Tas Lukis”
Sepatu dan tas bagi anak muda adalah hal yang sangat penting. Sepatu dan tas dengan model yang menarik yang mencerminkan gaya anak muda sekarang ini sedang banyak dicari. Salah satunya, ya ini dia sepatu lukis dan tas lukis. Tampilan yang menarik dan model lukisan yang bisa disesuaikan dengan permintaan si pembeli, membuat produk ini makin digandrungi. Inovasi adanya sepatu dan tas lukis berawal dari keinginan para anak muda yang senang dengan kreasi unik, mereka juga merasa bosan dengan model sepatu yang monoton. Namun kini dengan hadirnya produk sepatu dan tas lukis, mereka dapat mengekspresikan diri melalui gambar yang ada pada sepatu dan tas mereka.
Konsumen
http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/12/122511_0931_inovasiusah1.png?w=590
Sejak awal mendirikan usaha ini, target utama produk sepatu dan tas lukis lukis adalah kalangan anak muda. Karena anak muda pasti suka style yang santai dan bebas dengan kreasi unik. Dengan hadirnya sepatu dan tas lukis, mereka dapat memesan sepatu maupun tas dengan gambar yang sesuai keinginan mereka. Tak heran lagi jika produk ini banyak dicari para anak muda.
Info Produk
Sepatu dan tas lukis biasanya terbuat dari kain kanvas, jadi dapat dilukis dengan menggunakan cat untuk menghasilkan gambar yang menarik. Bisnis sepatu dan tas lukis melayani konsumen dengan dua cara, yaitu konsumen membeli langsung produk sepatu dan tas lukis ready stock, atau melayani konsumen yang memesan gambar tertentu sesuai permintaan mereka.
Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk para pelajar dan mahasiswa. Karena menyesuaikan harga dengan target konsumen yang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan mahaiswa yang senang dengan fashion. Untuk harga sepatu biasanya dibandrol dengan harga seratus ribu rupiah hingga dua ratus ribu rupiah, harga disesuaikan dengan sulitnya desain, banyaknya warna yang dipakai, serta model sepatu yang dilukis. Sedangkan untuk tas lukis, biasanya dihargai sebesar 40ribu sampai 100ribu.
Pemasaran
Pemasaran bisnis sepatu dan tas lukis dapat dilakukan dengan menitipkan produk tersebut ke beberapa toko sepatu dan tas, selain itu Anda juga dapat menitipkannya pada beberapa factory outlet yang menjual barang – barang fashion anak muda. Disamping itu Anda juga dapat memperluas pasar dengan membuka toko online, ataupun memasang iklan melalui media online, media cetak maupun media elektronik untuk mencari para agen atau reseller untuk membantu memasarkan. Beberapa event pameran juga menjadi sebuah peluang bagi Anda, untuk mengenalkan produk sepatu dan tas lukis kepada khalayak ramai.

Analisa Ekonomi
Modal Awal
Peralatan:
Rak sepatu                Rp 1.000.000,00
Lemari display untuk tas        Rp 750.000,00
Renovasi dan dekorasi         Rp 1.500.000,00
Meja & kursi workshop         Rp 1.000.000,00
Kursi tamu         Rp 500.000,00
1 unit computer + modem         Rp 3.500.000,00+
Jumlah         Rp 8.250.000,00

Penyusutan:
Masa pakai 4 tahun.
Nilai residu Rp             1.000,00.
Penyusutan per tahun         = (Rp 8.250.000 – Rp 1.000) : 4
= Rp 2.062.250,00
Penyusutan per bulan         = Rp 171.854,00

Perlengkapan:
Kalkulator         Rp 75.000,00
Kantong plastic         Rp 100.000,00
Alat tulis         Rp 50.000,00+
Jumlah         Rp 225.000,00

Bahan Baku:
20 sepatu kanvas polos     Rp 1.200.000,00
2 kodi tas kanvas polos     Rp 400.000,00
Cat akrilik         Rp 300.000,00
Satu set kuas nomor 1- 10     Rp 100.000,00+
Jumlah         Rp 2.000.000,00

Biaya Operasional:
Sewa tempat per bulan     Rp 500.000,00
Listrik, tlpn, air         Rp 400.000,00
Gaji pegawai         Rp 750.000,00
Biaya perlengkapan     Rp 225.000,00
Biaya bahan baku     Rp 2.000.000,00
Penyusutan peralatan     Rp 171.854,00+
Jumlah         Rp 4.046.854,00

Omzet per Bulan:
Pendapatan:
Sepatu Rp 125.000,00 x 20     Rp 2.500.000,00
Tas Rp 60.000,00 x 40     Rp 2.400.000,00+
Jumlah omzet         Rp 4.900.000,00

Laba per Bulan:
(Rp 4.900.000,00 – Rp 4.046.854,00) = Rp 853.000,00

Trend sepatu dan tas lukis saat ini sedang bagus, dengan begini inovasi usaha sepatu lukis dan tas lukis pun semakin terbuka lebar. Inilah kesempatan bagi Anda untuk berkarya sekaligus berbisnis. Jika Anda masih sebagai mahasiswa pun bisa menggeluti usaha ini di waktu senggang Anda.



Rosella Merah, Lambang Era Baru Divisi Kewirausahaan Himalogista-UB
(cerita dari fun-gista 2012)

http://lordbroken.files.wordpress.com/2012/03/031912_0228_rosellamera11.png?w=590
  
    Divisi kewirausahaan himalogista 2012 selama ini memiliki produk yang menjadi brand image yang selalu dan selalu menjadi andalan disetiap ada bazar, pameran dan acara apapun yang diselenggarakan oleh himalogista yaitu jelly drink nanas-wortel yang telah ada sejak tahun 2007. Namun hari minggu itu serasa berbeda saat teman-teman kewirausahaan himalogista menampilkan sesuatu yang lain seperti jelly drink rosella merah. Menurut informasi salah satu staf kewirausahaan himalogista, perubahan ini sebagai wujud antisipasi mereka atas melonjaknya harga bahan baku nanas dan wortel sehingga diambil jalan lain dengan membuat varian jelly drink baru dari rosella merah merah. Rosella merah diambil sebagai salah satu varian alternatif rasa dalam jelly drink karena memiliki kandungan antioksidan maupun vitamin C yang tinggi, rasa yang khas dan warna yang bagus. Jelly drink rosella merah tetap memiliki konsep tujuan yang sama seperti jelly drink yang dibuat sebelumnya yaitu jelly drink fungsional yang menyehatkan.
    Ada hal lain yang mengejutkan juga, kalau jelly drink rosella merah merah memanfaatkan sari rosella merah, lantas bagaimana dengan ampas rosella merahnya? Ternyata ampas rosella merah sisa pengolahan jelly drink diolah menjadi produk makanan lain seperti selai rosella merah. Ampas rosella merah sebagai limbah masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi bila dapat diolah kembali sebab memiliki kandungan serat yang tinggi dengan tekstur yang lunak dan sangat cocok untuk dibuat selai. Ampas rosella merah sisa pembuatan jelly drink ternyata dicampur dengan bunga rosella merah yang baru (bukan ampas) untuk mendapatkan warna alaminya yang berwarna merah cerah kemudian dihancurkan dengan blender kemudian ditambahkan gula selanjutnya dilakukan proses penyelaian. Selai rosella merah merah tersebut disajikan di dalam roti bakar rosella merah yang juga dijual dalam acara tersebut dan rasanya tidak jauh berbeda dengan roti selai yang telah beredar di pasaran.
    Tidak hanya selai rosella merah yang memanfaatkan ampas dari bunga rosella merah sisa pemanfaatan pembuatan jelly drink, ternyata ampas bunga rosella merah juga dimanfaatkan menjadi produk benilai ekonomis seperti manisan rosella merah, proses pembuatannya dengan cara mencampur ampas bunga rosella merah dan gula yang kemudian dipanaskan hingga menjadi manisan semi basah. Rasa manisan bunga rosella merah buatan kewirausahaan himalogista sangatlah menggoda selera. “manis-manis asam, seru rasanya, baru kali ini saya mencoba manisan yang terbuat dari rosella merah, mungkin kemasannya bisa dibuat lebih menarik lagi”, ujar salah satu pembeli yang sedang menikmati manisan rosella merah bersama teman-temannya yang juga penasaran dengan produk inovasi kewirausahaan himalogista itu.
Dari segi kesehatan, ternyata Rosela mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium.
    Kewirausahaan himalogista juga menampilkan produk unik lain yaitu onde-onde ketan hitam, bentuknya memang onde-onde plus biji wijen seperti biasanya, namun warna kulit onde-onde biasanya putih keemasan sekarang menjadi hitam. “ini bukan onde-onde gosong mas, tapi onde-onde ketan hitam”, celetuk salah satu penjaga stand kewirausahaan himalogista. “ini buat belajar membuat onde-onde ketan hitam butuh waktu 1 minggu buat coba-coba resep biar rasanya senikmat ini”, ujar Windra, salah satu staff kewirausahaan himalogista Universitas Brawijaya Malang yang merupakan pembuat onde-onde ketan hitam ini. “mungkin lain waktu akan saya kembangkan dengan aneka rasa, kemarin saya coba pakai isi kacang merah, tapi rasanya masih aneh”, lanjut Windra sembari tersenyum.
    Inovasi-inovasi baru inilah yang mungkin dapat memacu perkembangan kreatifitas mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Brawijaya yang diwadahi oleh kewirausahaan himalogista UB. Selayaknya memang mahasiswa dipacu berpikir inovatif dan mampu memanfaatkan segala sumberdaya termasuk limbah seperti ampas sari rosella merah untuk dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis lebih tinggi.






PROSPEK BISNIS KEDAI SUSU

Tingginya kandungan gizi yang terdapat pada segelas susu murni ternyata tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan manusia namun juga mendatangkan untung besar bagi sebagian pelaku usaha. Susu murni yang berasal dari sapi kini menjadi salah satu menu minuman sehat yang mulai digemari semua kalangan masyarakat. Sehingga tidak heran bila peluang tersebut dimanfaatkan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar setiap bulannya.
http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/12/122511_0950_prospekbisn1.png?w=590
Konsumen
Pada dasarnya target pasar yang bisa Anda bidik sangatlah luas. Sebab, bisa dikatakan susu murni cukup aman untuk dikonsumsi semua kalangan masyarakat, dari mulai balita hingga para manula, baik untuk laki-laki maupun kaum perempuan.
Info Bisnis
Untuk memulai bisnis kedai susu murni, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan, yaitu antara lain sebagai berikut :
Mencari supplier susu murni yang berkualitas bagus. Untuk mendapatkan susu sapi segar yang berkualitas, Anda dapat menjalin kerjasama dengan peternak sapi perah yang ada di sekitar lokasi usaha. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan stok susu murni yang kualitasnya benar-benar terjamin.
Menyiapkan lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja membangun kedai susu murni di lingkungan kampus, di kantin sekolah, pusat perbelanjaan, atau di tempat-tempat umum yang banyak dilalui kendaraan.
Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk proses produksi maupun peralatan furniture untuk display atau tara ruang kedai. Biasanya peralatan yang dibutuhkan terdiri dari kompor, termos tahan panas, panci, perabot masak, peralatan makan, serta meja dan kursi untuk para konsumen.
Menciptakan aneka varian rasa untuk menarik minat konsumen. Beberapa pilihan rasa yang digemari konsumen antara lain susu coklat, susu jahe, fruit milk (stroberi, melon, jeruk, mangga, dll), cookies milk (susu dengan toping remukan biscuit), milkshake serta ice bland (es susu blender).
Di bawah ini kami informasikan salah satu contoh resep fruit milk yang bisa Anda coba di rumah.
Resep Strawberry Milk
Asumsi : Resep untuk 2 gelas
Bahan :
400 ml susu sapi segar
50 gram buah strawberry segar
2 sdm gula pasir
100 cc air matang
Cokelat bubuk secukupnya (untuk toping)
Cara Membuat :
Haluskan 50 gram buah strawberry dan 100 cc air dengan menggunakan blender. Sisihkan.
Panaskan susu dan gula pasir diatas api kecil, hingga susu benar-benar mendidih.
Campurkan susu dengan buah strawberry yang telah dihaluskan. Hidangkan segera dengan toping cokelat bubuk diatasnya.
Kelebihan Bisnis
Kandungan protein, kalsium, vitamin, dan fosfor yang terdapat pada susu murni memberikan banyak manfaat bagi kesehatan para konsumen. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi susu murni setiap harinya bisa mengurangi resiko penyakit asma dan alergi. Hal ini tentunya memberikan keuntungan besar bagi pelaku usaha susu murni, tingginya kandungan gizi yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga semakin hari makin banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi minuman sehat tersebut.
Selain minat masyarakat yang semakin meningkat, menjalankan bisnis kedai susu murni juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda bisa menyesuaikan kedai yang dibangun dengan modal usaha yang Anda miliki. Bila Anda memiliki modal minim, bisa memulai bisnis kedai susu murni dengan menyewa lokasi usaha di depan minimarket-minimarket yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Sedangkan untuk Anda yang memiliki modal cukup besar, bisa mendirikan kedai bisnis susu murni dengan menggunakan konsep cafe maupun restoran.
Kekurangan Bisnis
Menjalankan segala bentuk usaha tentunya tidak terlepas dari adanya resiko kerugian, begitu juga dalam menjalankan bisnis susu murni. Kondisi susu yang mudah basi menjadi salah satu kendala yang cukup merepotkan pelaku usaha. Sehingga mereka harus pintar-pintar mengatur persediaan susu segar dan menyimpannya dengan standar operasional yang benar.
Disamping kualitas susu yang mudah basi, persaingan pasar di bisnis kedai susu murni kini semakin hari kian meningkat pesat. Kondisi ini bisa Anda amati dari banyaknya pelaku bisnis yang menjalankan usaha serupa. Karena itulah, tampilkan sesuatu yang berbeda agar bisnis susu murni Anda tidak tenggelam di tengah persaingan pasar yang sudah ada.
Strategi Pemasaran
Untuk mendukung pemasaran bisnis Anda, bisa dilakukan dengan cara memasang spanduk atau neon box yang cukup besar di depan lokasi kedai susu yang Anda bangun. Lengkapi spanduk tersebut dengan nama usaha yang Anda usung serta gambar-gambar menu unggulan yang ditawarkan. Strategi tersebut cukup efektif untuk menarik minat masyarakat dan mempermudah calon konsumen untuk mengetahui keberadaan bisnis Anda.
Langkah kedua yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan pelayanan prima bagi para pelanggan Anda. Ciptakan suasana kedai yang nyaman, sarana dan prasarana yang memadai, serta menu-menu unik yang pastinya dengan cita rasa yang tidak kalah menarik. Melalui upaya-upaya tersebut, konsumen semakin senang mengunjungi kedai Anda dan tidak segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain. Bila hal tersebut telah terjadi, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan kekuatan promosi word of mouth untuk memperluas jaringan pemasaran yang sudah ada.
Kunci sukses
Yang terpenting Anda memiliki lokasi usaha yang strategis dan memiliki kemampuan khusus dalam menginovasikan varian rasa susu yang ditawarkan. Semakin lezat menu susu murni yang Anda sajikan, serta semakin lengkap menu yag Anda inovasikan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk memikat hati para pelanggan. Pelanggan puas, keuntungan pun mengalir semakin deras.
Analisa Ekonomi

Modal awal
Sewa tempat             Rp 15.000.000,00
Alat masak (kulkas, kompor, panci, termos)     Rp 3.000.000,00
Peralatan makan (gelas, piring, sendok, dll)     Rp 800.000,00
Meja dan kursi kayu         Rp 2.500.000,00+
Total             Rp 21.300.000,00

Peralatan dan perlengkapan mengalami penyusutan dengan rincian :
Alat masak : 1/48 bln x Rp 3.000.000,00     = Rp 62.500,00
Peralatan makan : 1/24 bln x Rp 800.000,00     = Rp 33.300,00
Meja dan kursi : 1/60 bln x Rp 2.500.000,00     = Rp 41.700,00+
Total             Rp 137.500,00

Biaya operasional per bulan
Susu murni 20x @ Rp 4.000,00/ltr x 26 hr     Rp 2.080.000,00
Gula, sirup, buah, cokelat bubuk, cookies     Rp 1.300.000,00
Kemasan gelas plastik, sedotan, dll         Rp 300.000,00
Biaya gas 3 kg @ 17.500,00 x 8 tabung     Rp 140.000,00
Gaji 2 karyawan x @ Rp 800.000,00     Rp 1.600.000,00
Biaya listrik dan telepon         Rp 300.000,00
Biaya transportasi             Rp 390.000,00
Biaya promosi             Rp 500.000,00
Biaya penyusutan             Rp 137.500,00 +
Total             Rp 6.747.500,00

Omset per bulan
Harga jual produk susu murni, rata-rata Rp 5.000,00/gelas.
Pendapatan : 80 gls x @ Rp 5.000,00 x 26 hr     Rp 10.400.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 10.400.000,00 – Rp 6.747.500,00         = Rp 3.652.500,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)         = ± 6 bulan

Munculnya kedai-kedai susu murni di berbagai penjuru kota, menjadi salah satu bukti nyata bagi kita semua bahwa peluang bisnis tersebut memiliki prospek pasar yang masih sangat bagus. Jadi, bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha, tidak ada salahnya bila Anda mencoba meraup pundi-pundi rupiah dari peluang bisnis kedai susu murni. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.






GURIHNYA AYAM GORENG TEPUNG (LALAPAN)

http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/10/100411_1222_gurihnyaaya1.png?w=590
Hampir semua orang mengenal dan pernah menikmati yang namanya ayam goreng tepung. Penggemarnya pun tidak sedikit. Tebukti dengan menjamurnya gerai ayam goreng dan tepung, baik berupa usaha mandiri ataupun usaha waralaba. Setiap skala usaha ini menjanjikan peluang yang cukup besar karena masing-masing memiliki pangsa pasar sendiri. Ayam goreng tepung tersebut hanya satu dari sekian aneka olahan yang berbahan dasar daging ayam. Karena kita ketahui bersama selama ini, banyak sekali makanan yang dihasilkan dari bahan utamanya berupa daging ayam.
Produk
Untuk faktor kelezatan, ayam goreng tepung ditentukan oleh kualitas daging ayam yang digunakan, racikan bumbu, dan kerenyahan tepungnya. Sebaiknya Anda menggunakan ayam potong yang segar dengan membeli langsung di tempat pemotongan ayam karena kualitasnya lebih terjamin. Bahkan di tempat tersebut juga bisa memilih ayam yang masih hidup.
Untuk racikan bumbunya, penjual ayam goreng tepung umumnya membuat sendiri atau mencampurnya dengan tepung bumbu siap pakai. Keuntungannya, selain biayanya lebih murah juga dapat menyesuaikan dengan selera pembeli. Untuk kemasan jualannya, biasanya ayam goreng tepung dijual per potong atau per bagain. Pelengkapnya adalah saus dalam bentuk sachet.
Cara memulai usaha
Sebelum memulai usaha ini, tentukan lokasi yang akan digunakan untuk memulai usaha. Lokasi yang kebanyakan diambil atau digunakan oleh para penjual ayam goreng tepung adalah di pinggir jalan raya yang ramai. Bahkan jika memungkinkan Anda sebaiknya membukanya berdekatan dengan kumpulan pedagang makanan lain seperti nasi goreng, sate ayam, atau martabak. Lokasi seperti itu tidak diragukan lagi keramaiannya, sehingga lebih berpeluang mendapatkan pembeli dalam jumlah yang besar. Harga sewa untuk tempat usaha ayam goreng tepung tersebut bervariasi antara Rp. 100.000- Rp. 300.000/ bulan.
Perlengkapan usaha yang diperlukan untuk menjual ayam goreng tepung antara lain gerobak atau etalase sederhana, kompor gas, tabung gas, wajan, sutil, saringan minyak, baskom plastik untuk wadah campuran bumbu dan tepung, penjepit makanan, dan kantong kertas. Kelengkapan usaha yang lainnya adalah tenda sederhana bila berjualan di tempat terbuka dan beberapa kursi untuk kenyamanan pembeli yang sedang menunggu. Dalam menjalankan operasionalnya juga cukup mudah sehingga cukup mempekerjakan satu orang tenaga kerja di satu gerai, untuk potongan daging ayam dan campuran tepung, bumbu bisa dipersiapkan dari rumah. Sehingga ketika berjualan, pegawai dapat langsung melumuri ayam dengan campuran tepung dan bumbu kemudian menggorengnya.
Pemasaran
Untuk media pemasaran, penjual dapat memberikan promosi dengan diskon di awal usahanya. Informasi juga bisa melalui pamflet yang ditempel di sekitar tempat usaha atau brosur yang disebar. Setelah usaha berjalan diharapkan dapat “mempromosikan” dirinya sendiri. Maksudnya, pelanggan atau konsumen secara “sukarela” menginformasikan dan merekomendasikan produk kita dari mulut ke mulut. Promosi semacam ini efektif bila produk Anda unggul dalam rasa, kualitas, dan harga.
Harga dihitung berdasarkan harga beli bahan dan keuntungan yang ingin diraih. Satu potong ayam goreng tepung dapat dijual Rp 3.500 – Rp 5.000, tergantung dari ukuran dan lokasi berjulan. Harga jual dapat sedikit dinaikkan di lokasi yang diperkirakan memiliki daya beli lebih tinggi.
Kendala usaha
Selama ini yang menjadi resiko atau kendala dalam membuka usaha ayam goreng tepung adalah persaingan dan isu penggunaan ayam tiren (mati kemarin) maupun penggunaan formalin pada daging ayam. Persaingan semakin ketat karena semakin banyak usaha baik pribadi maupun waralaba yang menjual jenis makanan ini. Menjual ayam goreng tepung dengan kualitas daging yang terjaga dan racikan bumbu yang konsisten dapat menjadi senjata menghadapi persaingan yang ada. Isu ayam tiren dan penggunaan formalin pada pengawetan daging ayam dapat disiasati dengan memasang brosur cara mengenal daging ayam yang baik dan ciri daging ayam (bentuk, ukuran, dan rasa) yang telah digoreng tepung sehingga pembeli merasa lebih yakin dengan produk yang dijual.
Contoh resep ayam goreng tepung
Bahan:
Satu ekor ayam broiler, potong 12 bagian, cuci bersih
Minyak goreng secukupnya
Tepung bumbu:
1 kg tepung terigu
1 sdm tepung bumbu siap pakai
2 sdm penyedap rasa
1 sdm garam
1 sdt baking powder
1 sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
Cabai kering bubuk secukupnya
Cara membuat
Rendam potongan ayam dalam air dingin, angkat dan tiriskan
Campurkan tepung terigu, tepung bumbu, penyedap rasa, garam, baking powder, merica, ketumbar, dan cabai kering. Aduk rata.
Lumuri potongan daging ayam menggunakan campuran tepung bumbu hingga seluruhnya tertutupi.
Panaskan minyak goreng dalam jumlah cukup banyak sehingga dapat merendam potongan ayam. Goreng potongan ayam yang telah dilumuri campuran tepung bumbu hingga berwarna keemasan. Angkat kemudian tiriskan.
Analias ekonominya
Asumsi
  • Masa pakai etalase sederhana 5 tahun
  • Masa pakai peralatan masak 4 tahun
  • Masa pakai peralatan lain-lain 2 tahun
  • Satu ekor ayam dipotong menjadi 12 bagian
  • Usaha dijalankan sendiri tanpa karyawa
a. Modal Awal
Etalase sederhana             Rp 1.500.000,00
Peralatan masak (kompor gas, wajan, dan sutil)     Rp 600.000,00
Peralatan lain-lain (baskom plastik, saringan minyak,
dan penjepit makanan)             Rp 100.000,00+
Total investasi             Rp 2.200.000,00
b. Biaya operasional/bulan
1. Biaya tetap
Penyusutan etalase sederhana 1/60 x Rp. 1.500.000      Rp 25.000,00
Penyusutan peralatan masak 1/48 x Rp. 600.000      Rp 12.500,00
Penyusutan perlatan lain-lain 1/24 x Rp. 100.000      Rp 4.200,00
Sewa tempat                             Rp 150.000,00+
Total biaya tetap              Rp 191.700,00
2. Biaya variabel
Ayam (6 ekor x Rp 25.000/ekor x 30 hari)         Rp 4.500.000,00
Tepung terigu dan bumbu (Rp 60.000/hari x 30 hari)     Rp 1.800.000,00
Kantong kertas dan plastik pembungkus
(Rp 5.000/hari x 30 hari)             Rp 150.000,00+
Total biaya variabel             Rp 6.450.000,00
Total biaya operasional (Rp 191.700 + Rp 6.450.000 )     Rp 6.641.700,00
c. Omset per bulan
Penjualan ayam goreng tepung
(72 potong x Rp 4.500/ potong x 30 hari)         Rp 9.720.000,00
d. Keuntungan per bulan
Keuntungan = Total Omset – Total biaya operasional
= Rp 9.720.000,00 – Rp 6.641.700,00
= Rp 3.078.300,00
e. Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Total penerimaan:Total biaya operasional
= Rp 9.720.000,00 : Rp 6.641.700,00
= 1, 46
f. Pay Back Period
Pay back period=(total biaya investasi:keuntungan)x1 bulan
= (Rp 2.200.000,00 : Rp 3.078.300,00)x1 bulan
= 0,7 bulan






BISNIS MIE AYAM TETAP SUBUR

http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/10/100411_1214_bisnismieay11.png?w=590
Sekarang mie telah menjadi makanan pokok ke 2 setelah beras. Ini ide bagus jika kita bisa mengambil ini sebagai peluang bisnis yang potensial untuk digali. Yah, memang selama ini bisnis yang masih cukup menggoda untuk tetap dikembangkan adalah bisnis mie ayam.
Bagaimana tidak, hampir semua orang menyukai makanan ini. Bisnis ini bak jamur yang mudah tumbuh dimana-mana dan tetap eksis sampai sekarang. Tapi banyak juga yang gulung tikar karena tidak bisa memiliki ciri khas yang membuat konsumen terpikat oleh mie yang ditawarkan.
Saat ini penjualan Mie bisa kita temui dengan banyak variasi, ada juga berjualan dengan menggunakan gerobak, tenda, warung, maupun dalam restoran-restoran. Sehingga tak salah jika banyaknya persaingan dalam penjualan mie ini. Persaingan memang merupakan salah satu resiko usaha mi ayam. Karena hampir di semua ruas jalan dapat ditemui pedagang makanan ini. Untuk menghindari persaingan memang perlu beberapa cara untuk memenangkan suatu persaingan demi memikat konsumen agar datang ke usaha anda.
Beberapa faktor yang bisa mendukung pengembangan usaha mie, antara lain:
  • Semangat yang optimis bahwa usaha yang anda dirikan akan sukses.
  • Ada ciri khusus dari mie yang anda tawarkan. Misalnya ke khasan dari menu, adanya variasi-variasi menu yang ditawarkan, contoh: dengan penambahan pangsit pada mie, penambahan jamur pada pelengkapnya atau menggantikan lauknya dengan daging sapi, daging ikan maupun mengubah tampilan mie dengan memvariasikan pembuatan mie dengan berbagai sayuran menjadi mie pelangi, dll.
  • Peningkatan mutu (misalnya: kehalalan menu, standarisasi mutu, higienitas menu yang ditawarkan, dll)
  • Pemilihan tempat yang strategis.
  • Kenyamanan bagi pengunjung.
  • Pelayanan yang memuaskan.
  • Lakukan promosi di awal usaha dengan mengenalkan keunggulan mie yang anda berikan.
Nah, setelah anda yakin dengan usaha mie yang akan anda rintis, lalu, mungkin anda akan bertanya bagaimana membuatnya? Berikut ini akan saya tampilkan bagaimana cara membuat mie ayam. Silahkan jika anda ingin mengkreasikan dengan berbagai macam variasi-variasi yang lain agar mie yang anda ciptakan mempunyai ciri khas tersendiri, yang bisa menarik consumen. Selamat mencoba.
Bahan:
  • 1/2 kg mie ayam (siap dibeli di pasar)
  • 100 ml Minyak ayam
  • 100 ml Kecap asin
  • 300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak
  • 3 sdm Kecap manis
  • 2 sdm Kecap Ingris
  • 2 batang Daun bawang dirajang
  • Caisin, penyedap dan bawang goreng secukupnya.
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 siung Bawang putih
  • 5 buah Bawang merah
  • 1 sdt Ketumbar
  • 3 cm Kunyit
  • 3 cm Jahe
  • 4 butir Kemiri
  • Bahan Kaldu:
  • 2 liter Air
  • 1/2 kg Tulang ayam
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Lada bubuk
Cara membuat :
  • Kaldu: air direbus hingga mendidih, masukkan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam.
  • Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam,tambahkan penyedap, tumis sebentar, angkat, sisihkan.
  • Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sdt penyedap.
  • Rebus mie dan caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan di dalam mangkuk yang telah terisi dengan bumbu, masukkan ayam 2 sdm.
  • Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.
Catatan:
  • Kunci kelezatan mie ayam ada pada minyak ayamnya.
  • Cara membuat: ambil kulit ayam dan lemaknya, panaskan dengan api kecil diatas penggorengan, tambahkan 2 siung bawang putih digeprak, panaskan hingga seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam, minyak siap untuk digunakan.
Cara membuat pangsit goreng
Bahan
Kulit :
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 kuning telur
  • 50 gr margarin yang dilelehkan
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt garam
Isi Pangsit :
  • 125 gr udang, buang kulitnya lalu cincang halus
  • 1 btr telur
  • 2 sdm tapioka
  • 1 bh daun bawang di iris halus
  • merica dan garam secukupnya
  • minyak wijen 1/2 sdm
Cara membuatnya:
  • haluskan udang, lalu campur dengan minyak wijen, telur, tapioka, garam, merica dan daun bawang, aduk2 hingga rata, diamkan dahulu
  • lalu untuk kulit pangsit, masukkan tepung terigu, kuning telur, margarin, air dan garam, aduk2 rata hingga kalis
  • pipihkan adonan, dapat menggunakan mesih pembuat mie, atau dengan kayu untuk memipihkan adonan, lalu potong2 menjadi 10 x 10.
  • Panaskan minyak goreng, masukkan pangsit yang sudah di potong tadi
  • Jika akan membuat pangsit goreng isi udang, Isi adonan pangsit dengat 1 sdt udang yang sudah dihaluskan, rekatkan, bentuk sesuai selera, dan siap di goreng
  • Masak hingga kecoklatan, balik-balik.






POTENSI PANGAN LOKAL : UBI MADU CILEMBU

Ubi jalar dikenal dengan nama ketela rambat, huwi boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweetpotato (Inggris), dan shoyo (Jepang) merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita. Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/06/060311_0147_potensipang1.png?w=590

Ada beberapa varietas ubi jalar yang ada di Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu. Sedangkan varietas-varietas yang baru dilepas tahun 2001 antara lain: Cilembu yang berasal dari Sumedang. Masing-masing varietas memiliki rasa khas yang berbeda-beda.

Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil ubi cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang. Ubi cilembu berkulit gading, berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang. Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa apabila ubi dibakar dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu. Rasa manis ini merupakan sumber energi bagi orang yang mengkonsumsinya, sehingga cocok apabila disantap sebagai hidangan untuk sahur maupun buka puasa.

Silahkan anda mampir ke daerah sekitar kecamatan Tanjungsari, atau daerah sepanjang Jatinangor dan Cadas Pangeran. Disana banyak terdapat penjual yang menjajakan ubi cilembu di sisi kanan kiri jalan raya.

Pengolahan:

Pada umumnya produk ubi Cilembu diperdagangkan dalam bentuk ubi bakar / oven. Ubi yang siap diproses adalah ubi yang telah disimpan 5-7 hari setelah dipanen. Ciri ubi yang telah siap diolah/di-oven adalah ketika ubi terasa lebih lemas (tidak kaku) ketika dibengkok-bengkokkan, berat menyusut serta kulit sudah sedikit keriput.

Pengolahan Ubi Cilembu yang umum dilakukan adalah dengan cara di-oven selama kurang-lebih 30-90 menit (tergantung ukuran ubi) hingga ubi menjadi lunak dan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. Spesifikasi ada cairan madu tersebut hanya didapati pada ubi Cilembu. Inilah yang menjadi keistimewaan ubi cilembu dibanding ubi lainnya. Karena itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Setelah di-oven Ubi akan tahan hingga 2-3 hari pada suhu normal, dan jika ingin lebih awet bisa dimasukkan kedalam lemari pendingin dan dihangatkan kembali bila ingin dikonsumsi.

Selain dibakar / oven ubi cilembu juga sudah diolah dan diperdagangkan dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup.

Komoditas Ekspor.

Ubi Cilembu mempunya nilai ekonomi tinggi bahkan potensial sebagai penghasil devisa melalui ekspor. Ubi Cilembu telah mampu menembus pasar regional maupun internasional. Ubi jalar Cilembu asal Sumedang sejak lama telah menembus pasar ekspor di Singapura, Malaysia, Korea, dan Jepang. Di Jepang, ubi jalar telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan tradisional dan juga diolah menjadi ethanol, bahan baku kosmetik dan minuman khas Jepang shake. ” Kalangan industri Jepang menilai ubi Cilembu, sangat bagus untuk dijadikan bahan baku kosmetik dan minuman”.

Penyimpanan:

Ubi Madu Cilembu adalah komoditi yang mudah sekaligus sulit dalam penanganannya. Penyimpanan Ubi Madu Cilembu haruslah dilakukan secara baik agar tidak rusak maupun busuk. Umumnya dalam kondisi mentah Ubi Madu Cilembu bisa bertahan selama 3-4 minggu, namun ini akan sulit tanpa perawatan yang tepat.

Cara penyimpanan yang baik adalah dengan menyimpannya pada ruangan terbuka dan tidak lembab lalu diberi alas kardus atau karung agar ubi tidak langsung menyentuh lantai yang dapat mengakibatkan ubi terkena hawa dingin dan menjadi lembab.






 
Usaha Sablon Kaos Digital

Ide bisnis kali ini mungkin sudah umum tetapi masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Bisnis yang dimaksud adalah berjualan t-shirt dengan design custom (desain tersendiri yang eksklusif).
Trend T-Shirt atau kaos tanpa kerah selalu ada sepanjang zaman, ditambah lagi kegemaran atau trend dewasa ini dimana masyarakat terutama anak-anak muda menyukai desain yang eksklusif sehingga apa yang mereka pakai tidak pasaran. Nah, biasanya anak-anak muda yang menginginkan desain eksklusif biasanya lari ke distro (distribution outlet) yang menawarkan aneka jenis T-Shirt eksklusif dengan beragam warna, desain dengan gambar tokoh kartun lucu, band idola dan gambar-gambar lainnya.
Jika ditilik, peluang usaha dalam bidang ini persaingannya cukup sengit namun bila Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menawarkan desain yang terbaik, serta tak lupa berpromosi dengan gencar, mungkin saja produk Anda akan laris manis terjual.
Sebetulnya modal untuk memulai bisnis ini tidak begitu besar. Dengan modal dibawah Rp. 7 juta, saya menemukan beberapa supplier yang menawarkan paket usaha lengkap terdiri dari 1 unit Mesin Hot Press, 1 Unit Printer sistem infus, Tinta Sublime, Inkjet Paper dan 1 lusin kaos polyester. Saya kira paket itu lengkap dengan petunjuk penggunaan bagaimana menyablon kaos. Kelebihan dari sablon digital adalah proses yang sangat cepat tanpa berurusan dengan alat sablon manual.
Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal anda menguasai Photoshop. Ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu penggunaan photoshop untuk keperluan desain.
Dewasa ini disain mudah ditiru, tetapi anda tak usah khawatir, bila anda selalu muncul dengan ide desain yang segar, mungkin saja penjualan t-shirt anda laris manis. Baca pula trend terkini di kalangan anak muda, apakah publik sedang menyukai tokoh kartun tertentu atau seleb tertentu, kenapa tidak Anda yang buat desain kaosnya, siapa tahu anda bisa menumpang trend yang sedang in.
Hal lain yang perlu dipikirkan adalah strategi pemasaran, bisa saja anda menawarkan produk pada teman dan kerabat, membuka toko sendiri, atau kalau tidak cukup modal bisa merambah dunia maya dengan membuat web store.
Kekurangan usaha ini, sablon digital kurang cocok pada bahan katun karena warnanya kadang-kadang warnanya kurang kontras. Bisa saja anda kombinasikan dengan sablon manual untuk menghasilkan desain kaos yang bagus dan terutama enak dipakai.

Era Digital Kaus Sablon
SEBUAH printer baru yang kemudian dimodifikasi disertai tinta khusus menjadi modal utama membentuk usaha sablon digital sederhana di Jakarta.
Tidak hanya kamera yang masuk era digital, sablon merupakan salah satu produk sampingan era digital. Digitalisasi sablon membuat banyak waktu yang bisa dihemat, dan kualitas produk yang bisa ditingkatkan.
Apa yang membedakan sablon digital dengan sablon biasa? Pada sablon biasa, sulit bagi kita membayangkan harga pemesanan 50 buah kaus dengan 50 gambar yang berbeda. Harganya tentu sangat mahal, karena masing-masing gambar membutuhkan screen sablon terpisah. Bagi produk sablon digital, prinsip kerja sablon yang diubah menjadikannya cukup bersaing dengan harga pasar, di samping kualitasnya yang sangat baik.
Bagi Anda yang masih berada di bangku SD dan SMP pada tahun 1960-an dan 1970-an, pasti terkenang pemusik yang beken pada saat itu.
Wajah Alice Cooper, John Lennon, dan grup Deep Purple tak asing bagi kita. Gambar wajah mereka pun bisa kita cetak di atas T-shirt menggunakan setrika panas. Kualitas sablon setrika pada masa itu masih pas-pasan, tetapi cukup lumayan buat bergaya dengan wajah pemusik idola.

Generasi Kini
Generasi sablon setrika sekarang menggunakan tinta khusus yang didatangkan dari luar negeri. Dengan tinta seharga Rp 450.000,00 kita dapat membuat sebanyak 100 kaus dengan gambar sablon yang berlainan.
Proses pembuatannya juga sederhana, yaitu menggunakan tinta khusus, sebuah printer inkjet yang dimodifikasi, serta mesin pres. Hanya dengan tiga alat inilah, sablon digital sudah bisa dicetak pada kaus.
Gambar atau foto yang kita ambil dengan kamera digital, kemudian disempurnakan pada layar komputer. Hasil pekerjaan di layar komputer kemudian dicetak pada kertas HVS biasa.
Tidak seperti cara konvensional, kita tak lagi menggunakan screen. Hasil gambar yang kita lihat di layar komputer secara utuh tercetak menggunakan printer modifikasi.
Dalam hal ini, kertas hanya menjadi media pemindah, karena kualitas tinta yang memegang peranan. Dan pada saat gambar selesai dicetak di atas kertas, kertas tersebut kemudian bisa dipindahkan ke atas kaus dan ditekan menggunakan mesin pres sederhana. Hasilnya menggembirakan, gambar warna yang kita saksikan di kertas pindah secara utuh ke atas kaos dengan resolusi tinggi.
Tidak seperti sablon biasa yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk proses pengeringan, proses pengeringan pada sablon digital hanya 30 detik.
Dengan teknik ini, tentu saja tak hanya kaus yang bisa kita cetak dengan gambar kesukaan kita. Penghematan bisa dilakukan jika media yang digunakan bertekstur, seperti tas anak sekolah. Dengan tekstur seperti itu, penggunaan tinta bisa dihemat, sehingga hasil akhir bisa lebih banyak. Namun hasil gambar tidak terpengaruh, karena tercetak di atas media bertekstur.

Ada Beberapa Cara Untuk Sablon Digital Sparasi Pada Kaos
Cara pertama adalah menggunakan transfer paper. Kertas ini dapat dengan mudah diperoleh di toko buku. Anda hanya perlu menyiapkan kaos yg akan disablon dan alat pemanas/strikaan. Pertama-tama print gambar yg akan disablon pd transfer paper, utk kaos putih print mirror dan utk kaos warna/gelap print biasa saja. Setelah gambar selesai diprint pada transfer paper, letakkan gambar pada kaos, lalu dipress, bisa menggunakan strikaan. Kaos selesai disablon. Cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan alat yg sederhana. Gambar yg dihasilkan sangat terang. Namun cara ini juga mempunyai kekurangan, yaitu hasil sablon tdk bertahan lama dan mudah retak/pecah/lepas.
Cara kedua, menggunakan mesin press sablon. Untuk ini perlu juga menyiapkan printer dengan tinta sublim. Gambar yg akan disablon, diprinter menggunakan printer tsb secara mirror (terbalik). Letakkan gambar pada kaos yg akan disablon, lalu dipress menggunakan mesin press kaos. Sablon gambar yg dihasilkan akan lebih awet/tdk akan pecah, karena tinta sublim akan menyerap ke dlm serat kain. Cara ini akan berhasil dgn baik jika kaos yg disablon terbuat dari bahan TC, PE atau hidget. Kaos katun juga dapat dipress/sablon digital menggunakan cara ini, namun sebelum dipress kaos katun terlebih dahulu harus dicoating menggunakan cairan khusus, agar tinta sublim dapat menyerap ke dlm kaos. Cara meng-coating kaos katun akan dibahas pada catatan selanjutnya.
Sablon sparasi menggunakan transfer paper biasanya menghasilkan warna gambar yg sangat terang. Namun, hasil tempelannya kurang tahan lama, mudah retak dan pecah. Agar hasil tempelan bisa lebih tahan lama maka diperlukan perawatan khusus, seperti pencucian tdk bisa dikucek/disikat dan pada saat distrika harus dibalik.
Transfer paper biasanya banyak digunakan untuk kaos yg bahannya katun. Utk bahan selain katun, seperti Polyester, TC, Hidget, tdk perlu menggunakan transfer paper. Alat dan bahan yg diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Kaos berbahan Polyester (PE), TC atau Hidget
2. Printer dengan sistem tinta sublim (tdk bisa dengan sistem tinta biasa)
3. Kertas HVS atau Inkjet paper
3. Mesin press kaos
Langkah-langkahnya adalah:
1. design gambar yg siap cetak diprint mirror (terbalik) pada kertas HVS atau Inkjet
2. Siapkan kaos yg akan disablon.
3. Set mesin press kaos pada suhu 330-350 derajat dgn waktu 60 detik
4. Letakkan gambar diatas kaos
5. Press kaos ketika mesin mencapai suhu 330 derajat. Tunggu hingga proses press selesai
Hasil sablon untuk bahan2 di atas akan sangat awet. Karena tinta sublim akan meresap ke dlm serat kain, sehingga dapat dihindari resiko sablon pecah/retak/lepas.
Namun untuk bahan katun cara ini tdk dpt digunakan. Sablon digital sistem tinta sublim untuk kaos katun akan dijelaskan pada catatan selanjutnya.

Usaha Sablon Digital
jenis usaha yang memiliki target pasar yang masih sangat luas. Target pasar usaha ini 
meliputi perseorangan sampai perusahaan besar. Bisa dikatakan bahwa jenis usaha ini tak akan 
sepi karena bagi mereka yang membutuhkan jasa usaha ini tetap membutuhkan promosi 
untuk kemajuan perusahaan mereka dalam menarik pelanggan.
Biasanya usaha sablon digital ini paling ramai dicari pada saat musim Pilkada 
(Pemilihan Kepala Daerah) atau pemilihan anggota legislatif. Pangsa pasar ini biasanya butuh 
souvenir untuk menunjang promosi pemilihan mereka.
Disinilah peran kreativitas Anda sebagai pemilik usaha ini dituntut lebih dalam memproduksi
 souvenir yang unik dan kreatif. Keuntungan pun bisa berlipat ganda karena pesanan yang datang 
dalam partai / jumlah besar.

Usaha Sablon Digital Vs Usaha Sablon Manual
Usaha sablon digital selangkah lebih maju dibandingkan usaha sablon manual. Dalam kurun waktu 
yang sama, sablon digital lebih banyak memproduksi ketimbang sablon manual. 
Bila sablon manual harus mencetak kaos dalam jumlah yang banyak maka dengan sablon digital 
Anda bisa mencetak kaos meskipun hanya satu buah.
Teknik sablon digital ini memfaatkan teknologi transfer panas untuk mencetak tulisan atau gambar 
pada media tertentu seperti gelas / mug, kaos, topi, ID Card dan lain-lain.
Bila Anda ingin memulai bisnis ini, modal usaha yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. 
Nilai investasi berkisar 1 – 6 jutaan. Usaha ini mampu memperoleh margin keuntungan
hingga 100% bahkan lebih.
Berikut contoh perhitungan investasi dalam usaha sablon digital untuk produk kaos (T-shirt):
Harga Bahan Baku :
  • Kaos : Rp 17.000 / Kaos
  • Kertas Transfer : Rp 250 / Lembar
  • Tinta : Rp 1.280 / Kaos
Total investasi untuk sebuah kaos = Rp 18.510. Anda bisa menetapkan harga jual 
berkisar = Rp 35.000 – Rp 40.000. Sehingga margin keuntungan yang Anda 
dapatkan = lebih dari 100%

Peralatan Sablon Digital
Untuk mendapatkan mesin sablon digital bukanlah hal yang sulit. Di pasaran, 
banyak produsen sablon digital menyajikan mesin terbaik mereka dengan kualitas yang 
tak diragukan lagi. Carilah mesin sablon digital yang memiliki garansi servis, bahkan ada 
yang meawarkan garansi seumur hidup.
Demikian halnya dengan tinta yang akan digunakan. Pilihlah tinta dengan kualitas warna 
yang terbaik dan sempurna. Jenis tinta seperti ini bisa Anda dapatkan dari 
tinta impor korea, negara penghasil tinta terbaik di dunia.

Peralatan Bisnis Usaha Digital Sablon adalah teknologi yang digunakan 
dalam menjalankan bisnis usaha sablon digital atau digital digital,
sebenarnya bukanlah hal yang terbilang benar-benar baru. Metode digital printing ini 

sudah ada sejak lama, hanya selama ini dipakai secara khusus saja oleh 
masing-masing jenis usaha yang menggunakannya.
http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/05/050311_0117_usahasablon1.jpg?w=590



Mengapa disebut DIGITAL SABLON?
Sebenarnya tidaklah semurni sebutan 

nama beken-nya, karena dalam 
bisnis usaha digital sablon ini 
terkandung beberapa teknik produksi digital printing yang amat berlainan cara kerjanya.
Karena kepraktisan serta kekompakan pada ukuran alat-alat produksinya dan kemudahan
 dalam memproduksinya, maka digabunglah semua alat-alat tersebut dalam suatu 
paket usaha yang cukup kompak dan produktif. Inilah salah satu trend dunia usaha yang 
sedang hot dan berkembang secara cepat.
Teknik pengepresan panas pada hasil sablon kaos diadaptasi dari teknik sejenis 
di industri garmen modern. Alat ini kini bisa digunakan pada skala usaha home industri.
Begitu juga teknik pad printing yang telah lama digunakan dalam industri keramik 
atau glassware (mug, gelas, piring, mangkuk, cangkir, botol, dsb), kini dikembangkan 
sebagai bentuk mesin produksi pad printing untuk skala usaha yang lebih kecil 
agar lebih praktis dan kompak.  
Pada teknik pembuatan pin juga berlaku hal yang sama, mesin produksi pengepresan pin 
kini dibuat lebih simple lagi dalam ukuran yang relatif kecil dan praktis.
Teknik cetak ploting juga sudah dikenal dalam memproduksi gambar-gambar 
ukuran besar. Dan di bisnis digital sablon ini diadaptasi sebagai alat produksi 
sticker cutting, digital printing (small size banner) atau sebagai output untuk design 
berukuran kecil tapi dilay-out dalam jumlah massal dan diprint-out ukuran besar.
Berikut dibawah ini beberapa contoh alat-alat produksi pada usaha digital sablon
 yang umum digunakan:
SABLON DIGITAL: T-SHIRT – KAOS – KEMEJA – SERAGAM – MINI BANNER
Sejalan dengan perkembangan teknologi maju ke arah digital, kami melakukan 

pengembangan dan inovasi dengan meluncurkan produk-produk dengan sistem digital 
di bidang sablon, sehingga memungkinkan anda untuk menerima pesanan dalam jumlah 
yang minim (1 pcs) dengan harga yang terjangkau. Kualitas sablon pun jauh lebih bagus 
dibandingkan sablon manual (konvensional).
Proses pengerjaannya pun sangatlah mudah, anda hanya butuh waktu 30 detik saja untuk 
menyablon satu t-shirt, proses pengerjaan yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan
 sablon manual.
Gambar yang diperoleh lebih tajam dan hi-res. Memungkinkan bagi anda untuk mengabadikan 
gambar atau foto di media T-Shirt, Keramik, Piring. Untuk bahan yang mengandung polyester 
di atas 35% anda cukup menggunakan media kertas HVS, untuk bahan katun, anda dapat 
menggunakan media kertas transfer paper.
Pada umumnya mesin ini diimport dari luar Indonesia alias barang import dengan variasi harga 
diatas 12jt – 25jt
Dewasa ini sudah banyak mesin hot press ini yang diproduksi 
oleh tenaga professional dalam negeri. 
Masing-masing produsen punya spesifikasi dan karakteristik yang khusus yang membedakan 
dengan produsen lainnya. Mesin lokal ini dilengkapi dengan elemen heater berdaya tahan baik 
dan tidak banyak memakai daya listrik. Mesin hot press ini hanya berdaya 900 – 2000 watt. 
Harganya pun pasti dibawah rata-rata harga mesin hot press buatan import.
Mesin lokal memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan mesin import, antara lain : 
komponennya mudah didapat, after sales service lokal yang relatif mudah dan kooperatif. 
Hal seperti inilah yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum membeli barang.

FOIL
>> Apa beda foil digital dengan foil konvensional?
Lembaran Foil digunakan pada pembuatan produk kain, seperti : Kaos, Topi, Kemeja, dll. Dari hasil 
pencetakan menggunakan lembaran foil bias didapatkan efek kilau seperti emas, perak, tembaga, 
merha, hijau biru, dll. Pada foil untuk digital sablon, efek mengkilatnya begitu memukau sangat berbeda 
dengan hasil foil pada proses cetak hot stamping konvensional yang terkesan tenggelam efek warnanya. 
Ada juga glitter (bintik-bintik mengkilat) yang dipakai pada produksi sablon digital. Efeknya juga 
lebih bagus daripada glitter sablon bisa (konvensional), yakni tidak meninggalkan bekas bubuk 
di angan anda bila diraba permukaannya.

SABLON MUG
Alat pad printing ini sangatlah cocok untuk investasi skala kecil dan menengah. Karena hanya dengan 
modal sedikit anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 100%. Proses pengerjaannya pun tergolong 
mudah (orang yang awam pun bisa). Mesin sablon ini (pad printing) sanggup menyelesaikan pekerjaan 
sablon sebuah buah mug hanya dalam waktu kurang dari 4 menit saja. Hasil yang dicetak sangat tajam 
dengan kualitas foto.
Dengan teknologi yang ada saat ini memungkinkan anda dapat melakukan sablon mug dalam jumlah 
satuan kecil. Pemesanan order tidak lagi menerapkan system minimal order, pesan banyak atau hanya 
satu buah bisa anda layani. Tentunya semakin banyak jumlah ordernya, akan semakin murah lagi 
harga satuannya.
Biasanya mesin digital sablon untuk mug ini juga barang import. Tapi sudah banyak mesin made ini
 Indonesia beredar di pasaran.
Mesin ini sangat cocok untuk memproduksi souvenir dan tool kit events: Acara Ulang Tahun, Perkawinan, 
Seminar, Reuni, Kado, Launching Produk Event Orginaizer, Corporate, Instansi Pemerintah. 
Lembaga pendidikan Kampanye PILKADA, Tempat Wisata dan Rekreasi. Aksesoris untuk perayaan 
hari-hari besar, dll. Harga mesin sablon mug berkisar dari Rp. 7jt – 9,5jt

PRESS PIN

Mesin Press Pin ini sudah banyak diproduksi oleh ahli lokal. Mesini ini gunanya untuk membuat berbagai 
variasi pin button secara instant. Mesin ini merupakan suatu investasi yang menjanjikan, karena segmentasi 
pasar yang luas dengan beragam usia, konsumennya bisa berasal dari perorangan, organisasi atau instansi.
Proses dan pengerjaannya sangatlah mudah. Untuk membuat sebuah pin, anda hanya memerlukan waktu 
kurang dari 15 detik. Tanpa perlu listrik, tanpa kertas khusus. Anda hanya perlu mencetak gambar atau 
obyek foto pemesan dengan menggunakan printer inkjet bisaa. Kemudian anda press gambar tersebut 
dengan bahan pin menggunakan mesin pin press tersebut. 
Dalam sekejap gambar tadi akan menjadi pin button 
yang unik dan menarik. Pemesanan pin bisa dilakukan dalam jumlah satuan kecil (1 pc). 
Tidak ada minimal order. 
Keuntungan dari penjualan pin persatuannya bisa mencapai 400%. Fantastik!
Untuk merubah ukuran anda tidak perlu membeli mesin baru, 
cukup mengganti moulding (model cetakan) 
dengan ukuran yang anda inginkan.
Saat ini banyak mesin pin di pasaran sudah tersedia dalam 4 ukuran moulding:
  • Pin Moulding ukuran 32 mm
  • Pin Moulding ukuran 44 mm
  • Pin Moulding ukuran 58 mm
  • Pin Moulding ukuran 75 mm
Pembelian mesin pres pin ini tersedia dalam bentuk PAKET yang didalamnya sudah termasuk alat 
Pemotong Khusus (circle cutter) sejumlah (500 – 1000 pcs) material pin Dengan Circle Cutter, anda 
tidak perlu menggunting bentuk bulat,  sehingga memudahkan proses kerja.
Harga paket mesin press pin lokal beserta starter kits-nya sbb:
- Paket Pin Press: • 1 Unit Mesin Pin Press • 1 Unit Mould • Sejumlah (500 – 1000 pcs) Material 
Pin Peniti • 1 Unit Circle Cutter Ukuran 32 – 75mm mulai dari Rp. 2,7jt – 4 juta, tergantung spesifikasi 
masing-masing produsen.

PLOTTER FOR CUTTING STICKER
Membuat cutting sticker saat ini tidaklah sulit, anda cukup menyediakan 1 perangkat komputer, 
dan 1 buah mesin cutting ploter dan bahan-bahan seperti sticker vinyl dan transfer tape.
Bagi anda yang ingin membuka usaha cutting sticker, 
banyak tersedia paket penjualan mesin cutting plotter 
yang harganya jauh lebih murah dari mesin plotter import. 
Ada beberapa produk mesin cutting merk tertentu (Cina) 
di pasaran dengan hasil cutting tidak terlalu bagus. Mesin plotter local pun 
sudah dapat bersaing secara kualitas.
Selain itu anda tidak perlu khawatir perihal garansinya, 
karena mereka pada umumnya sudah berani memberikan 
garansi dan jaminan pengadaan spare part, mulai dari komponen 
terkecil hingga mainboard. Produsen tinta pun 
banyak menyediakan beragam jenis, warna dan ukuran catridge-nya. 
Selain mudah pengoperasiannya, hasil 
potongannya (cutting) pun sudah tergolong halus.
Pasaran harga untuk jenis mesin plotter (cutting) ini amat bervariasi, 
tergantung spesifikasi dari masing-masing 
produsennya, umumnya berkisar dari 6jt – 15jt, diluar biaya extra training fee.
Bila anda berniat memulai atau membuka usaha digital sablon 
secara terpadu, harap diperhatikan prioritas capaian 
segmentasi pasar yang coba dibidik. Tidak disarankan 
untuk langsung berinvestasi dengan sejumlah peralatan / 
mesin produksi secara lengkap. Pilihlah dan tentukan 
terlebih dahulu skala usaha yang ingin anda jalankan sebelum 
membeli alat-alat produksinya. Kecuali anda sudah merasa yakin 
dan telah melakukan survey, perhitungan dan 
analisa secara komperehensif atas semua aspek yang bakal 
anda hadapi dalam menjalani bisnis usaha digital sablon ini.

INSTANT ID CARD

Dewasa ini, kebutuhan akan ID Card merupakan sebuah kebutuhan utama
bagi banyak institusi di Indonesia. Hampir semua Sekolah, Universitas, Pabrik, 
Perkantoran pemerintahan maupun swasta sangat membutuhkan 
tanda pengenal bagi para siswa dan staffnya. Dengan demikian tingginya 
kebutuhan pasar akan ID Card, membuat berlomba-lombanya para 
pelaku usaha ID card untuk membuat produk yang terbaik.
Cara pembuatan instant ID Card ini sangatlah berbeda dengan sistem 
sablon atau offset. Dimana memerlukan film terlebih dahulu untuk 
mendapatkan hasil separasi warna, sehingga biaya produksi untuk 
1 pcs ID Card sangatlah mahal. Hasil dan jadi ID Card yang hasilkan 
sangat mirip dengan kartu ATM / Credit Card bila dilihat dari bentuk dan fisiknya.
Cukup dengan printer inkjet biasa, material Instant PVC untuk ID Card, 
dan mesin laminating, anda dapat membuat 
ID Card secara per satuan. Hasil kualitas photo, pengerjaannya pun 
sangat mudah dan cepat. Tidak ada minimum order. 
Pesan hanya satu buah ID Card bisa diterima.
Target pemasaran anda sangat mudah, karena dengan alat-alat produksi 
diatas anda dapat membuat berbagai macam applikasi seperti, kartu pelajar, 
member card, tanda pengenal pegawai, gantungan kunci dengan foto, kartu nama, 
atau pun mainan mirip kartu ATM / Credit Card dengan foto pribadi. 
Biaya produksi untuk 1 pcs ID Card tergolong murah, anda hanya mengeluarkan 
biaya produksi Rp.1200,-/pcs
Saat ini industri sablon sudah berkembang pesat, seiring dengan 
perkembangan industri kaos. Pernahkah Anda mendengar istilah “factory outlet” 
dan “distro (distribution outlet)”? Kalau Anda berjalan-jalan ke Bandung, di sepanjang 
jalan-jalan utama banyak terdapat factory outlet dan distro. Ada pula 
toko-toko distro yang mengkhususkan diri dalam cetak sablon kaos. 
Khusus di sekitar Jalan Pahlawan, atau biasa disebut Jalan Suci, terdapat 
banyak toko yang menjual serta memproduksi kaos sablon. 
Kaos yang mereka buat dan jual sungguh beraneka ragam.
Selain kaos jadi, ada pula distro yang menawarkan jasa cetak sablon pesanan. 
Usaha semacam ini menerima gambar jadi dan hanya mencetakkannya saja. 
Dengan kata lain mereka meminjamkan 
alat sablon serta jasa sablonnya, sedangkan 
mereka hanya menyediakan kaos polosnya saja. 
Tapi ada juga yang menerima kaos yang sudah disediakan oleh pelanggan, 
dan mereka hanya menyablonkannya saja. Kaos sablonan seperti ini hanya 
dimiliki oleh si pemesan. Dari sekian banyak jenis usaha penyablonan, 
mungkin Anda tertarik untuk menekuni salah satunya. 
Namun jika Anda ingin membuka usaha sablon, 
Anda perlu tahu dua teknik dasar sablon. 
Dua teknik sablon yaitu secara manual dan digital. 
Keduanya sama-sama mengandung keuntungan dan risiko usaha
yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu, barulah Anda dapat memilih 
metode yang paling memberi keuntungan bisnis maksimal. 
Berikut adalah penjelasannya.
 
Sablon manual
1. Sablon manual mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan 
dengan sablon digital. Kaos yang disablon 
secara manual umumnya warnanya tidak cepat pudar, walaupun 
memang tergantung juga dari jenis tinta yang digunakan dan 
proses pengerjaannya. Tintanya pun menempel lebih kuat dan 
akan tetap menempel meskipun kaos dicuci berkali-kali. 
Pada sablon manual, kita dapat membuat gambar atau 
tulisan timbul, yakni dengan menggunakan tinta busa. Untuk 
mengerjakan sablon massal dalam jumlah banyak, 
lebih tepat menggunakan sablon manual, karena biayanya lebih murah.

2. Sedangkan kekurangan sablon manual, jika kita menyablon gambar 
yang berwarna-warni, hasilnya biasanya kurang bagus. Untuk usaha sablon,
 jika hanya membuat satu buah barang saja, maka biayanya akan mahal. 
Dalam dunia usaha, sablon manual sebaiknya dilakukan 
hanya jika jumlah pesanannya banyak, sehingga kita tidak rugi. 
Proses pengerjaan sablon manual lebih lama dari sablon digital, 
karena proses sablon manual membutuhkan beberapa 
tahap pengerjaan, seperti pembuatan afdruk, penyablonan, 
penjemuran, dan sebagainya.

Sablon digital

1. Sablon digital dikerjakan dengan mesin. Kelebihannya, pada sablon digital, 
warna sablon dapat lebih bervariasi. Proses pengerjaannya pun lebih cepat 
dari sablon manual, karena hanya menggunakan media kertas transfer 
(transfer paper). Kaos yang dibuat dengan sablon digital juga 
lebih cepat kering dibandingkan dengan kaos yang dibuat 
dengan sablon manual, karena pada sablon digital tintanya dipres 
dengan mesin pres digital. Sablon digital dapat menyablon foto atau 
gambar yang berwarna-warni. Dalam bisnis sablon, jika pesanan 
 tidak begitu banyak atau hanya satuan, sablon digital dapat diterapkan 
sehingga proses pembuatannya akan lebih cepat dan menguntungkan.
2. Sedangkan kekurangan sablon digital yaitu harga kaosnya lebih mahal 
daripada kaos sablon manual. Hal ini dikarenakan dalam sablon digital kita 
menginvestasikan uang lebih banyak, misalnya untuk membeli printer, 
mesin pres, dan kertas transfer. Jenis kaos yang dapat digunakan dalam 
sablon digital lebih terbatas. Hanya ada beberapa jenis kaos saja yang cocok 
digunakan untuk sablon digital, antara lain kaos jenis cotton combed.
Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kaos jenis TC dan PE,
tetapi secara perhitungan bisnis, keuntungan yang didapat akan
 lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan jenis cotton combed.

Cara Sablon Kaos Digital dengan Transfer Paper
Bila anda ingin memberi hadiah ulang tahun untuk anak 
atau untuk keperluan acara-acara khusus di kantor atau di lingkungan 
tempat tinggal, maka kaos dengan desain unik yang anda buat sendiri 
bisa menjadi salah satu ide yang menarik. Dengan adanya teknologi 
sablon digital, kini anda bisa menyablon kaos dengan gambar, 
tulisan hasil desain sendiri atau koleksi dari foto digital. Sablon digital dengan
sangat mudah dan bisa dikerjakan sendiri dirumah menggunakan transfer paper.
Transfer paper ini didisain khusus untuk men-trasfer gambar atau 
tulisan ke kaos polos dengan cara pemberian panas. 
Cara sablon menggunakan transfer paper ini tidak memerlukan 
banyak peralatan. Anda cukup memiliki komputer – dengan software 
seperti coreldraw atau photoshop – dan printer untuk mencetak disain 
ke transfer paper. Anda bisa menggunakan printer inkjet untuk mencetaknya. 
Transfer paper ini biasa dijual per 6 lembar atau 12 lembar per paknya 
di toko-toko yang menjual tinta dan aksesoris komputer. Selain itu, 
tentu saja anda harus memiliki kaos polos sebagai medianya.
Ada dua macam transfer paper. Bila anda ingin mentransfer disain ke kaos polos 
yang berwarna putih, abu-abu atau warna-warna terang lainnya maka gunakan 
transfer paper standard atau biasa disebut transfer paper clear. Sedang
untuk kaos polos yang berwarna lebih gelap atau hitam 
maka gunakan transfer paper dark.
Cara menyablon kaos polos dengan menggunakan transfer paper clear 
bisa dilakukan seperti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Pastikan gambar yang anda disain di komputer pada dengan setting mirror.
  2. Cetak gambar, tulisan hasil disain anda, atau foto ke kertas transfer paper.
  3. Gunting kertas transfer paper yang telah dicetak sesuai dengan gambar, dengan 
  4. menyisakan 0,2mm untuk bordernya.
  5. Letakkan kaos yang akan disablon diatas kertas karton yang cukup tebal.
  6. Letakkan transfer paper yang sudah digunting diatas kaos, kemudian gosok 
  7. menggunakan setrika dengan setting temperatur rendah, jangan terlalu panas 
  8. karena kertas bisa lengket di setrika. Akan lebih mudah dan konsisten hasilnya 
  9. bila menggunakan mesin hot press yang bisa disetting temperature dan waktu 
  10. pengepresannya, ini yang biasa disebut dengan sablon digital.
  11. Bila menggunakan setrika cukup gosok secara merata selama 30 detik saja.
  12. Dan langkah terakhir, buka kertas transfer paper secara perlahan, maka 
  13. kaos sablon dengan disain anda sendiri sudah selesai.
Cara menyablon kaos polos dengan transfer paper dark seperti langkah di bawah ini:
  1. Cetak gambar dari komputer ke transfer paper, image tidak perlu disetting mirror. 
  2. Setting opsi pada printer dengan kualitas best.
  3. Lepaskan lapisan yang berwarna putih susu dari transfer paper secara perlahan 
  4. dan hati-hati. Maka akan tersisa lapisan semacam membran elastis, kemudian 
  5. letakkan lapisan ini diatas kaos yang sudah dialasi kertas karton tebal.
  6. Letakkan kertas minyak, – biasanya satu paket dengan transfer paper dark – 
  7. diatas lapisan elastis, kemudian gosok dengan setrika atau press dengan 
  8. mesin hot press.
  9. Proses penggosokan jangan terlalu lama karena bisa mengakibat lapisan 
  10. elastis kering dan keriput.
  11. Kini disain kaos sablon dengan transfer paper sudah siap dipakai.
Sablon Digital Kaos
Proses cetak sablon secara manual adalah salah satu cara yang sering 
digunakan untuk membuat hasil cetakan di atas kaos, topi, mug, dll. 
Dewasa ini perkembangan tinta printer serta bahan-bahan lainnya, 
telah memungkinkan dilakukannya pembuatan cetak kaos secara digital 
menggunakan printer yang terhubung ke komputer.
Kelebihan sablon digital adalah kemampuannya mencetak dengan jutaan 
warna atau full colour, sehingga mampu mencetak foto-foto dengan 
kualitas true colour. Sedangkan pada proses cetak sablon manual 
untuk mencetak foto harus menggunakan proses cetak separasi warna 
yang membutuhkan ketrampilan tingkat  tinggi, peralatan, serta bahan 
sablon yang berkualitas tinggi.
Untuk hasil cetakan sablon digital tinta lebih tipis dan kurang begitu cerah 
serta kurang solid. Sedangkan sablon manual ketebalan tinta dapat 
diatur serta warna lebih solid. Mencetak dengan cara sablon manual 
mudah dilakukan disemua jenis bahan kaos. Sedangkan untuk 
sablon digital prosesnya berbeda untuk bahan kaos yang berbeda-beda.
Ada beberapa Jenis cetak digital, tergantung dari bahan tinta, 
cara cetak, dan bahan kaos, dan mesin printer yang digunakan.
Bahan yang biasanya umum dicetak adalah ; kaos, topi, mug, piring, 
keramik, paying, sarung bantal, mouse pad, dll.

1. Dengan Transfer paper
Jenis kertas ada dua:
1. Utk light fabrics (kaos terang/putih)
2. Dark Fabrics (kaos gelap/hitam)
Tinta:
1. Original ink (epson durabrite ‘s the best) –> disarankan.
2. Kalo pake infus, gunakan tinta pigmen –> gak apa2 deh
3. laserjet –> bagus juga tapi sayang toner nya mahal.
**Jangan gunakan tinta infus yg dye ink –> cepat luntur 
hanya warna saja yg lbh bright.
Proses:
A. Utk paper kaos putih:
1. Design
2. Print terbalik (mirror) pada kertas transfer.
3. Letakan kertas yg di print menghadap kaos.
4. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)
    atau menggunakan strika gosok perlahan dan merata.
5. lepaskan (kupas) lapisan penutupnya setelah  dingin.
B. Utk paper kaos hitam:
1. Design
2. Print (jangan di mirror)
3. Letakan di atas kaos (bagian terprint menghadap ke atas).
4. Tutup (lindungi) kertas transfer dgn kertas khusus 
    (spt kertas minyak) — beli selalu ada kertas ini di dalamnya–
5. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)
    lepaskan kertas pelindung tadi. setelah dingin.
Keuntungan pakai sistem ini:
1. kerjaan mudah. Proses cepat.
2. gambar full color as far as printer bisa ngeprint.
3. Dapat di atas kaos cotton, Polyester, polycotton, silk, kanvas, dsb.
Kerugian:
1. Diperlukan perawatan khusus utk kaos yg dicetak dgn 
    transfer paper (cuci tdk di kucek/sikat, tdk menggunakan bleach, 
    ttdk boleh rendam terlalu lama, jgn gunakan pengering dryer machine, 
    sebaiknya diangin2kan saja, setrika tdk langsung kena
    transfer paper, jangan dipakai tidur).
2. jika menggunakan tinta infus dye ink cepat luntur.
3. seapik apapun dlm merawat kaos, transfer paper akan rusak, pecah, 
    atau terkelupas setelah beberapakali cuci (10-20X cuci jika dirawat dgn baik).
Target market:
jenis digital transfer ini sebaiknya (efektif) digunakan utk even2 tertentu 
yg memerlukan penanganan cepat (spt kampanye, acara tv, 
panitia acara live music, just for fun dsb). Bukan utk konsumen 
yg menginginkan kaos utk dipakai selamanya.

2. Digital T-shirt: Sublimation
Jenis Tinta : Khusus sublime
Printer : Inkjet (epson)
Kertas:
1. HVS –> boleh aja
2. Inkjet –> banyak yg pakai
3. kertas khusus sublimation –> paling bagus
Proses:
1. Design
2. Print terbalik (mirror) di kertas
3. Letakan di atas kaos (warna terang dan mengandung polyester) 
    gambar menghadap kaos.
4. Press dgn mesin heat press (200-250 derajat, 40-50 detik)
Keuntungan:
1. Proses cepat, mudah, gak ribet
2. Warna cerah million colors.
Kerugian:
1. Hanya bisa di kaos yg mengandung polyester 
   (PE, TC, polycotton, silk, satin). –> ini banyak yg kurang suka 
   dgn jenis bahannya.
2. Warna akan semakin cerah jika mengandung polyester 100%. 
    –> kaos makin panas.
3.Hanya bisa di kaos warna terang. –> tdk ada tinta warna putih.
Target market:
Efektif utk kaos rombongan (tour), even2 kantor, 
kelompok anak2 sekolah, dsb yg tdk mengutamakan personal touch. 
Biasanya market perorangan banyak yg complain 
mengenai kualitas bahan kaos.

3. Duracotton
untuk bahan katun harus pakai kertas transfer khusus. 
Untuk katun putih atau katun berwarna terang lainnya, 
harus menggunakan kertas transfer katun putih, sedangkan 
untuk katun hitam atau katun berwarna gelap lainnya harus 
menggunakan kertas transfer katun hitam.
Karena bahan katun tidak memegang tinta, maka bagian 
dari kertas transfer tersebut yang akan memegang ke bahannya. 
Kalau dari segi ketahanan, bisa tahan lama selama 
cucinya tidak disikat dan hati2.
Jenis Tinta : Sublime
Kertas :  Khusus Duracotton
Proses:
1. Letakan kertas duracotton diatas kaos (cotton) bagian 
    yg mengkilat menghadap ke kaos.
2. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 20 detik)
3. lepaskan kertas, bahan polymer akan merekat pada kaos cotton.
4. Design dan print mirror dgn tinta sublime.
Letakan gambar di atas kaos yg telah ada polymernya tadi.
5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 40 detik)
Keuntungan:
1. Proses sublimasi dapat di atas kaos cotton.
Kerugian:
1. warna tidak secerah sublimasi di atas polyester.
2. Hanya bisa di atas kaos putih/terang (warna kaos terang lain 
     bisa tapi bekas polymer akan terlihat samar2).
Target market:
untuk personal yg komplain dgn bahan kaos non cotton. 
Hanya saja hasil akhir masih belum bisa bagus sekali 
setara dgn hasil sablon manual di distro2.

COTTON GEL & GEL KAOS WARNA
Bahan katun tidak menyerap tinta, sehingga hasil warna 
menjadi buram dan warna putih menjadi kurang cerah. 
Untuk mencetak di atas bahan katun putih perlu 
menggunakan Cotton Gel.
Cotton Gel berfungsi untuk melapisi kaos katun 
agar bisa di press. Untuk mendapatkan hasil yang 
lebih optimal maka sebaiknya dilapiskan beberapa kali 
agar hasilnya lebih ngaret.
Kelebihan dari Cotton Gel ini adalah biaya atau cost-nya 
yang lebih murah dibandingkan dengan transfer paper. 
Dari hasil uji coba, cotton gel isi 500gram ini bisa 
menghasilkan plus minus 80 kaos, tergantung pada 
ketebalan pengolesan. Harga cotton gel ini 125.000 
( per 500gram ). Keunggulan lainnya adalah hasilnya 
lebih awet dibandingkan transfer paper.
Sedangkan untuk bahan katun warna serta kaos warna 
bahan selain katun, kaos dilapisi terlebih dahulu dengan 
gel khusus untuk kaos warna, yang berfungsi untuk 
memberikan lapisan dasar berwarna putih, sehingga 
semua warna dapat terlihat cerah sesuai warna aslinya.

4.Ecosolvent
Jenis tinta : khusus ecosolvent ink
Jenis printer : wide format printer 
(Biasa buat digital printing indoor/outdoor)
Kertas : khusus stretch ecosolvent
Proses:
1. Design
2. Print dgn tinta printer ecosolvent diatas kertas khusus.
3. Cutting dgn mesin cutting plotter
4. Letakan di atas kaos.
5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 10 detik)
Keuntungan:
1. Bahan stretchable (spt karet)
2. waterproof
3. Full color
4. Bisa dibahan kain apa saja (termasuk bahan utk olahraga air)
Kerugian:
1. modal besar (mesin wide format dan cutting plotter)
target market:
Utk personal atau group yg mengutamakan kualitas baik 
kualitas kaos ataupun hasil print. Harga jual kaos 
lebih tinggi dari digital t-shirt lainnya.

5.Flex
Kertas:
Thermo flex (macam2 namanya tp rata2 menggunakan
 kata2 Flex). kalau pada bingung flex itu apaan: itu loh 
kertas cutting sticker khusus utk kaos. Kertasnya udh 
berwarna (solid, gold, silver, reflective, glitter, glowinthedark, dsb)
Plotter :  Cutting plotter (atau kalao mau ya gunting2 
sendiri atau pake cutter manual)
Proses:
1. Design
2. Sebelum cutting, mirror dulu gambarnya.
3. Cutting dgn mesin cutting sticker (yg ukuran A4 murah tuh)
4. bagian yg dicutting adalah bagian belakang kertas, 
    bukan yg ada plastiknya.
5. peal bagian2 yg gak perlu.
6. Letakan di atas kaos, posisi menghadap ke atas
7. Press dgn mesin heat press (150 derajat, 10 detik)
keuntungan:
1. warna solid atau camuflage, reflective, gold, glitter, dsb
2. Proses cepat dan gak pake ribet.
3. Bisa di kaos bahan apa saja warna apasaja.
Kerugian:
1. Hanya utk design warna solid, bukan gradasi atau million colors.
Target market: exclusice t-shirt, costum t-shirt, utk yg 
mengutamakan kualitas. Efektif utk kaos satuan.

6.Flock
Jenis Tinta : Sublime
Jenis kertas : Flock (kertas berserat fiber, tekstur seperti beludru)
Jenis printer : Inkjet printer (epson)
Plotter :  Cutting plotter (kalau nggak ya gunting2 ndiri aja manual)
Proses:
1. Design.
2. Print mirror dgn tinta sublimation pada kertas hvs/inkjet
3. letakan diatas flock. Posisi gambar menghadap kertas flock
4. Press dengan mesin heatpress (200 derajat 10 detik)
5. Cutting dgn cutting plotter
6. Letakan di atas kaos. Posisi menghadap ke atas.
7. Press dgn heat press (150 derajat 10 detik).
Keuntungan:
1. Bahan bertekstur spt beludru.
2. Warna dapat million colors.
3. Bisa di atas bahan apa saja. Bahkan bisa di combine dgn flex.
Kerugian:
1. Pekerjaan dua kali transfer.
2. Modal sedikit lebih besar karena ada cutting plotter 
(walaupun merk cunkuo udah murah2 sekitar 3 jt an dgn 
ukuran potong lebar bisa 60-90 cm.
Target market: Seperti flex, efektif utk exclusive custom t-shirt

7. Direct Print
Kaos dapat langsung diprint dengan menggunakan 
printer khusus, sehingga proses pembuatan cetakan kaos 
menjadi lebih cepat. Ada juga printer yang melakukan
cetak dua kali, dengan kemampuan mencetak yang 
kedua kalinya dengan sangat akurat, sehingga hasil 
cetakan lebih tebal dan warna menjadi lebih kontras. 
Setelah proses mencetak selesai, kaos dikeringkan 
dengan mengunakan hairdryer.




INFORMASI KOS DAN KONTRAKAN

http://lordbroken.files.wordpress.com/2011/10/100411_1254_informasiko1.png?w=590
Anda mahasiswa baru, atau karyawan baru yang kesulitan mencari tempat kos dan kontrakan? Inilah problem kebanyakan orang-orang pendatang, dimana mereka sangat membutuhkan tempat tinggal sementara yang nyaman tentunya. Kebanyakan mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari luar daerah, sehingga tempat tinggal sementara selama mereka mencari ilmu adalah sesuatu yang sangat urgen. Inilah peluang yang harus Anda tangkap. Walaupun Anda tidak punya tempat kos tetapi Anda bisa menjual jasa informasi tempat-tempat kost tersebut.
Konsumen
Target konsumen bisnis ini adalah para mahasiswa dan siswa SMU, serta para kayawan yang bekerja maupun menuntut ilmu di kota Anda. Biasanya banyak pendatang dari luar kota yang memilih mencari pekerjaan atau menuntut ilmu di kota. Hal ini menjadi target pasar bisnis informasi kos dan kontrakan.
Info bisnis
Usaha ini dapat dilakukan terutama ketika masa liburan semester akan berakhir. Sebab dimasa itu biasanya anak-anak kos lama atau mahasiswa baru akan mencari tempat tinggal sementara yang baru. Konsumen target Anda adalah mahasiswa dan juga siswa SMA pendatang. Para karyawan luar kota pun bisa menjadi konsumen Anda, baik telah atau belum berkeluarga.
Yang harus Anda lakukan adalah, menyediakan tempat informasi yang tidak perlu besar. Tapi jangan lupa untuk memilih lokasi disekitar perguruan tinggi, sekolah atau komplek pertokoan, perkantoran atau bahkan mal. Langkah-langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data tentang tempat-tempat kos dan kontrakan disekitar atau di Koran harian. Jangan lupa untuk melengkapi data Anda dengan alamat, no telepon, fasilitas dan ukuran kamarnya.
Penetapan harga yang layak biasanya berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- per informasi. Dengan tarif itu konsumen dapat mencatat sebanyak mungkin alamat yang mereka perlukan selama tidak di foto kopi. Namun jika konsumen meminta Anda untuk mencarikan kos atu kontrakan sesuai dengan kualifikasi mereka, Anda sebaiknya mencarikannya sampai ketemu dengan tarif antara Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-.
Kelebihan bisnis
Bisnis informasi kos dan kontrakan, tidak membutuhkan peralatan mahal serta keahlian khusus lainnya. Yang dibutuhkan hanya media untuk membenatu promosi dan pendekatan terhadap calon konsumen. Agar konsumen percaya dan menggunakan jasa Anda.
Kekurangan bisnis
Bisnis ini memiliki pendapatan yang tidak tetap, karena tidak setiap hari ada orang mencari informasi kos dan kontrakan. Bisnis ini tidak akan terlalu ramai ketika awal tahun semester baru belum datang, sehingga pendapatan yang Anda peroleh akan menurun pada saat – saat tersebut.
Pemasaran
Untuk pemasaran bisnis, dapat dicoba dengan membagikan brosur maupun pamflet di sekitar kampus atau sekolah yang ada di kota Anda. Selanjutnya untuk memperluas informasi, Anda dapat mempromosikannya melalui iklan yang ada di media cetak, media elektronik maupun media online. Bila perlu Anda memasang iklan bisnis Anda melalui yellow pages, sehingga para pendatang dari luar kota mengetahui keberadaan usaha Anda.
Kunci sukses
Kesuksesan usaha ini terletah pada kelengkapan informasi yang dapat Anda berikan. Selain itu tambahan pendapatan dapat Anda peroleh ketika Anda menjalin kerjasama dengan pemilik kost dengan kesepakatan, Anda memperoleh fee ketika mahasiswa, siswa atau karyawan jadi untuk kos atau kontrak ditempat pemiliknya. Tapi jangan lupa untuk selalu memperbaharui data Anda dan mencari informasi tempat kos dan kontrakan lain yang belum laku jika tempat yang dulu telah penuh.
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Sewa tempat Rp 6.000.000
Promosi Rp 200.000
Kertas dan buku untuk data Rp 150.000
Rak, meja dan kursi Rp 400.000+
Total Rp 6.750.000

Biaya Operasional
Telepon Rp 200.000
Gaji pegawai Rp 700.000
listrik Rp 100.000+
Total Rp 1.000.000

Omzet per bulan Rp 2.000.000

Laba per bulan
Rp 2.000.000 – Rp 1.000.000 = Rp 1.000.000

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan ) = < 7 bulan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar