Kamis, 05 April 2012

Pengalaman BerWIRAUSAHA atau Bisnis Owner = JIWA ENTERPRENEURSHIP

Dimulai pada waktu Saya masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar).. wah, eksploitasi terhadap anak donk !
Eit, tunggu, sabar dulu kawan,, ketika itu ortu Saya punya profesi sampingan untuk mendapatkan tambahan rezeki (walaupun kedua Ortu sudah jadi PNS).. ingin tahu apa profesinya ? Pasti penasaran Bukan?

Ok, percaya atau tidak ketika itu Saya yang masih 9 tahun sudah diajari Ortu bisnis Berjualan Jajan, Es Buntel. waktu itu rasanya macam-macam, ada es kopi, es teh , es kacang ijo, es buah-buahan. dengan memakai plastik es, maka ibu Saya memproduksi Es Buntel hampir tiap hari (termasuk hari Ahad, Padahal harusnya libur (: ... )
untuk memenuhi pesanan atau order dari beberapa toko/warung di sekitar tempat tinggal Saya. Nah... Kebetulan Saya kebagian tugas Pemasaran Es Buntel di Warung Sekolah Dasar, tempat belajar Saya waktu itu. walapun jadi Currier Usaha Es Buntel, tapi Saya mendapat kepuasan tersendiri dari jerih payah yang Saya lakukan, sampai sekarang pun kenangan tersebut tidak dapat dilupakan karena memang begitu Melekat dalam Memori Saya..

Yang paling berkesan adalah ketika Saya harus membawa termos Es Buntel dari Rumah ke SD dengan jarak tempuh +- 600 meter, Agak jauh sih..(tak bisa dibayangkan ketika berangkat pagi ke Sekolah sambil bawa Termos Es yang terisi penuh) tapi Saya waktu itu hanya berpikir simple, yaitu Bisa dapat Uang Bagian dari Jualan Es Buntel yang Saya Bawa..

Ibu punya strategi khusus dengan memberi bagi hasil keuntungan dari penjualan Es buntel tersebut. Bagian dari keuntungan penjualan selalu diberikan Ibu kepada Saya setiap kali Saya menyerahkan Uang Bayaran Es,, Tidak Banyak, tapi bisa dipakai untuk tambahan uang jajan Saya dan juga bisa disisihkan sedikit untuk ditabung.

Itulah awal dari pembentukan JIWA ENTERPRENEURSHIP yang Saya punyai hingga saat sekarang tulisan ini Saya susun..dan semoga sampai kapan pun dan dimanapun berada :)

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Jiwa Berwirausaha itu sebenarnya harus sudah dipupuk sejak usia dini, sama halnya ketika kita ingin bisa belajar naik sepeda, maka usia anak-anak adalah usia paling efektif untuk belajar hal tersebut. akan tetapi kita tetap harus memperhatikan ATURAN MAIN nya.. yaitu Jangan sampai
Menjadikan Anak sebagai alat Eksploitasi Bisnis yang akan merampas Masa Kecil dan masa Kesenangan Bermain yang harusnya mereka rasakan pada usia tersebut.

Yang dapat Saya katakan adalah,, apakah Anda tidak merasa terketuk dan tertantang untuk mencoba Ber Owner Bisnis ? tidakkah apa yang saya ungkapkan di atas membuat hati anda BERSEMANGAT dan TERMOTIVASI untuk berwirausaha ? Apakah Anda tidak merasa Malu karena kalah dengan anak SD usia 9 tahun yang sudah tidak malu-malu berjualan Es Buntel ? :) Jangan sungkan untuk MEMULAI.. karena Orang dikatakan GAGAL karena dia sendiri telah GAGAL untuk MEMULAINYA...

OK ? Let's Do IT ! Allah SWT Bless You... Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar